buatlah 2 contoh indentifikasi biaya peluang pliss bantu jawab dong

Berikut ini adalah pertanyaan dari aisyah126629 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Buatlah 2 contoh indentifikasi biaya peluang

pliss bantu jawab dong kak / bg ​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Contoh Opportunity Cost dalam Kehidupan

Penjelasan:

1. Setelah lulus SMA, Dika dihadapkan dengan dua pilihan antara melanjutkan ke perguruan tinggi atau langsung bekerja.

Jika Dika memilih untuk langsung bekerja dia bisa mendapat gaji sebesar 2.000.000 per bulan. Jika dia kuliah dia perlu membayar uang SPP, uang buku, transportasi, pakaian dan biaya lainya yang bisa mencapai 3.000.000 per bulan.

Dengan segala pertimbangan akhirnya Dika memilih untuk tetap melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, maka opportunity cost Dika adalah sebesar 24.000.000 (gaji bekerja selama satu tahun).

2. Ketika lulus SMA Ali mendapat dua tawaran pekerjaan, pertama bekerja sebagai pelayan toko di dekat rumahnya dengan gaji 400.000 per bulan dan yang kedua adalah bekerja sebagai pelayan restoran dengan gaji 800.000 per bulan.

Dengan berbagai pertimbangan (ingin lebih dekat dengan rumah dan keluarga) akhirnya Ali memilih untuk bekerja sebagai penjaga toko di dekat rumahnya.

Dengan demikian Ali telah menghilangkan opportunity cost untuk bekerja sebagai pelayan restoran yang sebenarnya bisa mendapatkan gaji lebih besar dari pada penjaga toko.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Ambang211 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 03 Nov 22