Sebutkan faktor-faktor yang menentukan individu menentukan pilihantolong jawab kk ini

Berikut ini adalah pertanyaan dari gubuganchelsea pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Sebutkan faktor-faktor yang menentukan individu menentukan pilihantolong jawab kk ini buat bsk


Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Faktor utama yang mempengaruhi perilaku konsumen adalah faktor kebudayaan, sosial, pribadi, serta psikologis.

Dikutip dari buku Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen (2005) karya Husein Umar, James Engel, dkk mendefinisikan perilaku konsumen sebagai suatu tindakan langsung dalam mendapatkan, mengonsumsi, dan menghabiskan produk serta jasa, termasuk proses keputusan yang mendahului serta menyusul tindakan tersebut.

Berikut ini empat faktor utama yang mempengaruhi perilaku konsumen:

Faktor kebudayaan

Menurut Nurmawati dalam buku Perilaku Konsumen dan Keputusan Pembelian (2018), kebudayaan adalah faktor penentu keinginan serta perilaku paling mendasar untuk mendapatkan nilai, persepsi, preferensi, serta perilaku dari lembaga lainnya.

Faktor kebudayaan mencakup beberapa hal, yaitu:

Penjelasan:

1. Budaya

Adalah kumpulan nilai dasar, persepsi, keinginan, dan tingkah laku yang dipelajari oleh anggota masyarakat dari keluarga serta lembaga lainnya. Dalam hal ini, pergeseran budaya serta nilai-nilai dalam keluarga masuk dalam budaya.

2. Sub budaya

Adalah sekelompok orang dengan sistem nilai terpisah berdasarkan pengalaman serta situasi kehidupan yang umum. Sub budaya termasuk mencakup nasionalisme, agama, kelompok ras, serta wilayah geografis.

3. Kelas sosial

Adalah divisi masyarakat yang relatif permanen serta teratur dengan para anggotanya yang menganut nilai, minat, serta tingkah laku serupa.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh v36602032 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 03 Nov 22