Bapak Wrangler adalah WN asal Amerika dan berdomisili di Belanda,

Berikut ini adalah pertanyaan dari Aqsw5669 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Bapak Wrangler adalah WN asal Amerika dan berdomisili di Belanda, pada bulan Juni 2021 menerima royalti dari PT. Sahabat Setya, atas royalti tersebut telah dipotong PPh pasal 26. Pada bulan Septermbet 2021, Bapak Wrangler memutuskan untuk pindah dan berdomisili di Indonesia. Selanjutnya Bapak Wrangler menjadi WP dalam negeri. Bagaimana PPh pasal 26 yang telah dipotong dibulan Juni 2021 tersebut jelaskan menurut analisis Saudara.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Bapak Wrangler yang merupakan warga negara Amerika Serikat berdomisili di Belanda. Pada Juni 2021, Bapak Wrengler menerima pembayaran royalti dan telah dipotong pajak sesuai PPh pasal 26. Di September 2021, ia berdomisili di Indonesia maka ia pun menjadi WPOPDN (Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Negeri). Sebagai WPOPDN, maka PPh pasal 26yang semula dibebankan pada Pak Wrengler saat berdomisili di Belanda akan diganti menjadiPPh pasal 23 karena telah berdomisili di Indonesia.

Pembahasan

Ketika wajib pajak berdomisili di luar Indonesia, untuk kasus Pak Wrengler di atas, maka ia dikenakan PPh pasal 26 untuk jenis pembayaran royalti.Namun ketika ia berpindah dan berdomisili di Indonesia maka PPh yang berlaku bukan lagi PPh pasal 26 melainkanPPh pasal 23. Berdomisili dalam hal ini artinya bahwa Pak Wrengler menetap di Indonesia lebih dari 183 hari. PPh pasal 23 ini berkaitan dengan semua jenis penghasilan selain yang sudah dipotong menggunakan PPh pasal 21.

Pelajari Lebih Lanjut

  • Pelajari lebih lanjut tentang materi apa yang seharusnya wajib pajak lakukan agar tidak perlu adanya penyidikan dan pemeriksaan pajak pada yomemimo.com/tugas/19341320

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh varlord dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 26 Oct 22