Jelaskan pengertian manajemen dan berikan contoh manajemen dalam perusahaan ​

Berikut ini adalah pertanyaan dari chairul011118 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Jelaskan pengertian manajemen dan berikan contoh manajemen dalam perusahaan ​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Manajemen adalah sebuah sistem yang dibuat oleh sebuah organisasi atau perusahaan  untuk mengatur  dan mengorganisir sebuah hal dalam pengawasan dan pengendalian , dimana  sistem tersebut dibuat untuk  sebuah tujuan tertentu.

Pembahasan

Dalam sebuah perusahaan atau organisasi  , manajemen adalah bagian penting yang membangun sebuah organisasi. Tanpa adanya manajemen, sebuah perusahaan atau organisasi tidak akan berjalan secara baik dan teroganisir .  

Kata 'manajemen' sendiri berasal dari bahasa Inggris yakni 'manage' yang memiliki arti mengatur, merencanakan, mengelola, mengusahakan, dan memimpin.

Secara etimologis, manajemen merupakan seni untuk melaksanakan dan mengatur. Hal tersebut yang mendasari manajemen sebagai seni mengelola dan mengatur agar tersusun secara rapi.  Istilah manajemen tersebut biasanya diidentikan dengan dunia bisnis dan perkantoran. Manajemen sangat dibutuhkan agar tujuan pribadi atau organisasi bisa tercapai.  

Manajemen juga sangat diperlukan untuk mencapai efisiensi dan efektivitas suatu kerja organisasi. Adapun orang yang mengatur, merumuskan, dan melaksanakan berbagai tindakan manajemen disebut manajer.

Fungsi Manajemen

  1.  Perencanaan (Planning)

Perencanaan adalah rangkaian proses pemilihan atau penetapan tujuan organisasi dan penentu strategi yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan. Dengan perencanaan, dapat dilakukan penilaian alternatif dalam pengambilan keputusan agar mendapatkan pilihan terbaik di antara alternatif lainnya.

2. Pengorganisasian (Organizing)

Organizing atau pengorganisasian adalah rangkaian aktivitas pembagian tugas yang akan dikerjakan serta proses pengembangan struktur organisasi yang sesuai tujuan perusahaan.

Tujuan organizing wajib dijalankan dengan baik agar dapat mengatur berbagai SDM atau sumber daya lain. Dengan begitu, sumber daya di dalam perusahaan dapat berfungsi secara optimal dan mampu melaksanakan peran serta fungsi masing-masing dengan baik.

3. Fungsi Penempatan

Di sini seorang pemimpin memiliki tugas menempatkan sumber daya yang tersedia sesuai dengan kebutuhan. Dengan demikian, proses pencapaian tujuan dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien.

4. Pengarahan (Directing)

Pengarahan atau directing yaitu suatu tindakan yang berupaya agar semua anggota kelompok dapat berusaha meraih tujuan yang sesuai dengan rencana manajerial serta usaha.

Fungsi ini bertujuan mengarahkan atau mengendalikan agar pekerjaan makin efektif dan efisien.

5. Pengawasan (Controlling)  

Tujuan controlling atau pengawasan ialah untuk menilai pekerjaan yang telah dilakukan oleh seluruh SDM yang ada di suatu perusahaan. Fungsi pengawasan sangat penting dilakukan karena fungsi ini untuk menentukan kualitas layanan atau produk yang dihasilkan perusahaan dapat berjalan dengan baik atau tidak.

Contoh manajemen dalam sebuah perusahaan.

  • Manajemen Produksi
  • Manajemen Pemasaran
  • Manajemen Administrasi Perkantoran
  • Manajemen Konstruksi
  • Manajemen Sumber Daya Manusia

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang yang diketahui dari manajemen yomemimo.com/tugas/10770283  
  2. Materi tentangMateri tentang ilmu manajemen yomemimo.com/tugas/3104732
  3. Materi tentang fungsi manajemen keuanganyomemimo.com/tugas/10489329  

--------------------------------------------------

Detail Jawaban

Kelas : X (1 SMA)

Mapel : Ekonomi

Bab : Konsep Manajemen

Kode : 10.12.6

#AyoBelajar

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh nurulana12 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 16 Jul 20