Jenis barang Terdiri Dari 6 Poin sebutkan Dan Berikan Contoh

Berikut ini adalah pertanyaan dari Meiditia7588 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Jenis barang Terdiri Dari 6 Poin sebutkan Dan Berikan Contoh Nya

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

1. Jenis Barang Berdasarkan Tujuan Penggunaan

a. Barang Konsumsi : Barang konsumsi adalah sebuah bentuk barang yang dimana barang tersebut kemudian digunakan untuk memberikan sebuah tujuan guna unutk langsung memenuhi kebutuhan manusia. Kemudian, barang konsumsi tersebut kemudian disebut juga sebagai sebuah barang yang dimana siap pakai. Sebagai contoh dari barang konsumsi sendiri adalah seperti tas, makanan, dan juga lain sebagainya.

b. Barang Produksi : Barang produksi adalah sebuah bentuk barang yang dimana digunakan untuk dengan tujuan untuk menghasilkan sebuah barang lainnya yang dimana tidak akan secara langsung untuk memenuhi sebuah kebutuhan hidup dari seorang manusia. Contoh dari barang produksi adalah seperti bahan mentah yang digunakan untuk masak seperti tepung gandum yang dimana akan digunakan untuk membuat roti dan juga mesin.

2. Jenis Barang Berdasarkan Proses Produksi

a. Barang Dasar atau Bahan Mentah : Pada barang dasar maupun yang disebut dengan bahan mentah adalah berupa barang-barang yang dimana belum dilakukan pengolahan dan juga adalah sebuah bahan baku yang dimana digunakan untuk melakukan pembuatan untuk produk lainnya. Sebagai contohnya sendiri dari barang dasar atau bahan mentah adalah hasil dari perkebunan seperti cengkeh, tembakau, biji kopi, hasil pertambangan yang dimana seperti minyak mentah, batubara, dan juga biji timah, serta hasil dari hutan yang dimana berbentuk kayu gelondongan dan juga kayu jati.

b. Barang Setengah Jadi : Barang setengah jadi adala sebuah bentuk barang yang dimana dilakukan pengolahan tetapi dari barang tersebut tidak dapat digunakan secara utuh yang dimana barang setengah jadi tersebut dapat dilakukan pengolahan kembali agar dapat digunakan. Contoh yang dimana merupakan bentuk dari barang setengah jadi adalah kopra yang dimana digunakan untuk industri minyak goreng, benang yang dimana kemudian digunakan untuk industri kain dan lain sebagainya.

c. Barang Jadi : Barang jadi adalah sebuah barang yang dimana kemudian siap untuk di konsumsi oleh konsumen. Contohnya adalah ppakaian, meja, kursi, laptop, tas dan lain sebagainya.

3. Jenis Barang Berdasarkan Hubungan Dengan Barang Lain

a. Barang Substitusi : Barang substitusi adalah barang yang dimana kemudian memiliki fungsi untuk menjadi barang pengganti untuk barang lainnya. Contoh dari barang tersebut adalah jagung yang dimana kemudian dapat mengganti beras, bemo yang dimana kemudian dapat menggantikan bus.

b. Barang Komplementer : Barang komplementer adalah sebuah barang yang dimana kemudian memiliki peran sebagai sebuah pelengkap untuk barang lainnya. Contohnya adalah seperti minyak tanah, sumbu yang dimana melengkapi kompor, bensin yang dimana melengkapi kendaraan,

4. Jenis Barang Beradasarkan Kualitas Barang

a. Barang Superior : Barang superior adalah sebuah barang yang dimana memiliki kualitas yang dimana sangatlah tinggi dan barang tersebut kemudian akan memberikan sebuah status sosial tersendiri bagi pemilik dari barang tersebut. Secara umum barang superior adalah barang yang dimana dimiliki oleh orang-orang yang dimana memiliki penghasilan yang dimana tinggi seperti mobil mewah, jam mewah, hp mewah.

b. Barang Inferior : Barang inferior adalah sebuah bentuk barang yang dimana barang tersebut memiliki kualitas yang terbilang rendah. Sebagai contoh dari barang inferior adalah barang-barang yang didapatkan dari barang loak, barang bekas, dan juga barang yang dijual dengan harga murah.

c. Barang Pertengahan : Barang pertengahan adalah sebuah barang yang dimana barang tersebut memiliki kualitas yang terbilang sedang. Sebagai contoh dari barang pertengahan itu sendiri adalah barang yang dimana dimiliki oleh orang memiliki penghasilan yang menegah. Sebagai contoh adalah motor, baju kualitas sedang, baju, dsb

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh realmec31malvin dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 02 Nov 22