Jika saudara adalah seorang perusahaan yang akan mendirikan perusahaan jelaskan

Berikut ini adalah pertanyaan dari imeyhalimatus5809 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Jika saudara adalah seorang perusahaan yang akan mendirikan perusahaan jelaskan langkah apa saja yang akan saudara lakukan dalam hal perencanaan pengorganisasian dan pengarahan pada manajemen di organisasi perusahaan anda tersebut​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Pengertian Manajemen Bisnis

Dalam suatu bisnis, pada suatu titik, ketika omzetnya membesar, Anda harus mendelegasikan pekerjaan-pekerjaan kepada orang lain.

Dalam hal ini, kepiawaian dalam manajemen diuji.

Bagaimana bisnis, yang awalnya dipegang sendiri kemudian mulai dipegang oleh orang banyak, apakah tetap dapat berjalan dengan, atau malah bisa lebih baik.

Oleh karena itu, tidak salah jika merujuk pada pendapat Mary Parker Follet, manajemen adalah seni mencapai tujuan atau menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.

Jaga bisnis tetap produktif dengan software payroll & HRIS terautomasi! Pelajari Fitur Talenta Selengkapnya Disini!

Di dalam manajemen sendiri terdapat fungsi-fungsi yang kemudian mengejawantahkan seni tersebut ke dalam hal-hal praktis sehari-hari.

Fungsi Manajemen Bisnis

Adalah Ricky W. Griffin dalam bukunya Principle of Managements yang menyebutkan bahwa di dalam manajemen terdapat empat fungsi atau aktivitas.

Hal tersebut antara lain proses perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pengkoordinasian (directing), dan pengontrolan (controlling) sumber daya.

Dengan terlaksananya keempat fungsi ini, sasaran atau tujuan bisnis diharapkan dapat dicapai secara efektif dan efisien.

Berikut adalah penjabaran lebih lanjut dari keempat fungsi di atas:

a. Perencanaan (Planning)

Seringkali ketika memulai suatu bisnis, seorang pengusaha mengutamakan unsur aksi terlebih dahulu. Memang benar, rencana tanpa aksi tidak akan berarti apa-apa.

Namun aksi yang didasari oleh rencana yang matang akan membawa bisnis kepada kesuksesan.

Ibarat mengendarai kendaraan, persiapan untuk menentukan tujuan, memperkirakan hambatan, mempersiapkan bensin dan juga mesin, pastilah akan menentukan sampainya pengendara kepada tujuan. Demikian pula perencanaan dalam bisnis.

Perencanaan ini pun tidak hanya dilakukan, pada saat memulai bisnis semata, namun berulang sebagai suatu siklus dalam manajemen bisnis.

Berhemat dengan fitur Payroll Talenta, transfer gaji ke semua rekening tanpa biaya admin. Pelajari Fitur Talenta Selengkapnya Disini!

Menentukan strategi pemasaran dalam berbisnis berdasarkan tren di pasaran, misalnya, tetap perlu dilakukan oleh perusahaan yang sudah besar dan mature sekalipun.

Dengan demikian bisnis dapat tetap bertahan di tengah persaingan yang makin ketat.

Jadi, aktivitas perencanaan ini bisa dilaksanakan beberapa kali tergantung dari skala perusahaan.

Bisa dibuat makro dalam skala kepentingan perusahaan secara umum terlebih dahulu, dan kemudian di-cascade lagi secara lebih detail untuk bagian perusahaan yang lebih kecil, hingga ke masing-masing pegawai.

Penjelasan:

,

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh martuahrajasimanjunt dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 28 Jul 21