Sebutkan dan jelaskan pembagian ilmu ekonomi sertakan contoh

Berikut ini adalah pertanyaan dari wferziansyah6670 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Sebutkan dan jelaskan pembagian ilmu ekonomi sertakan contoh

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Jawaban

Pendahuluan

Secara umum, untuk memudahkan pemahaman dan kajian, maka ilmu ekonomi dibagi menjadi 3 kelompok utama yakni ekonomi deskripsi, ekonomi terapan dan ekonomi teori. Penjelasannya masing-masing sebagai berikut.

Pembahasan

EKONOMI DESKRIPTIF adalah ilmu ekonomi yang mendeskripsikan atau menggambarkan keadaan ekonomi, data-data atau keterangan faktual dengan menggunakan kurva, grafik, angka dan lain sebagainya.

EKONOMI TEORI, adalah kelompok ilmu ekonomi yang menyajikan teori yang menjelaskan, mencari dan merumuskan bagaimana sistem ekonomi dalam bekerja. Ilmu ini dibagi ke dalam 2 kelompok lagi yakni ekonomi makro dan mikro.

EKONOMI TERAPAN, adalah penggunaan ekonomi deskripsi dan ekonomi teori dalam memecahkan suatu masalah ekonomi. Ekonomi terapan ini berkaitan dengan perumusan kebijakan dan juga pedoman dalam mengatasi permasalahan ekonomi.

Kesimpulan

Ilmu ekonomi menurut ekonom Alfred W. Stonier dibagi menjadi 3 yakni ekonomi deskripsi, ekonomi teori dan ekonomi terapan. Ekonomi teori ini kemudian dibagi lagi ke dalam dua kelompok yakni ekonomi mikro dan ekonomi makro. Ekonomi makro fokus pada kajian mekanisme pasar secara keseluruhan sementara ekonomi mikro fokus pada pelaku kecil dalam ekonomi seperti individu, rumah tangga dan perusahaan.

Jawaban:Jawaban PendahuluanSecara umum, untuk memudahkan pemahaman dan kajian, maka ilmu ekonomi dibagi menjadi 3 kelompok utama yakni ekonomi deskripsi, ekonomi terapan dan ekonomi teori. Penjelasannya masing-masing sebagai berikut.PembahasanEKONOMI DESKRIPTIF adalah ilmu ekonomi yang mendeskripsikan atau menggambarkan keadaan ekonomi, data-data atau keterangan faktual dengan menggunakan kurva, grafik, angka dan lain sebagainya.EKONOMI TEORI, adalah kelompok ilmu ekonomi yang menyajikan teori yang menjelaskan, mencari dan merumuskan bagaimana sistem ekonomi dalam bekerja. Ilmu ini dibagi ke dalam 2 kelompok lagi yakni ekonomi makro dan mikro.EKONOMI TERAPAN, adalah penggunaan ekonomi deskripsi dan ekonomi teori dalam memecahkan suatu masalah ekonomi. Ekonomi terapan ini berkaitan dengan perumusan kebijakan dan juga pedoman dalam mengatasi permasalahan ekonomi.KesimpulanIlmu ekonomi menurut ekonom Alfred W. Stonier dibagi menjadi 3 yakni ekonomi deskripsi, ekonomi teori dan ekonomi terapan. Ekonomi teori ini kemudian dibagi lagi ke dalam dua kelompok yakni ekonomi mikro dan ekonomi makro. Ekonomi makro fokus pada kajian mekanisme pasar secara keseluruhan sementara ekonomi mikro fokus pada pelaku kecil dalam ekonomi seperti individu, rumah tangga dan perusahaan.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh dazefroni dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 26 Oct 21