apa yang terjadi jika kita korupsi?​

Berikut ini adalah pertanyaan dari haqiahmadmuzakky pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Apa yang terjadi jika kita korupsi?​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

•▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬•                                                                                              

╭─────⊱ Jawabannya  ⊰──────

  • Dan

╭─────⊱ Penjelasannya  ⊰──────

  • apa yang terjadi jika kita korupsi?​

Penurunan Produktivitas

- Produktivitas pada setiap industri dan produksi akan menurun karena dampak dari korupsi ini. Produktivitas dari perusahaan-perusahaan akan terhambat dan tidak bisa berkembang lebih maju lagi. Hal ini dapat menyebabkan pengurangan jumlah karyawan atau PHK, lalu aku banyak pengangguran yang menyebabkan angka kemiskinan meningkat.

Menurunnya Pendapatan Negara dari Pajak

- APBN dibiayai oleh pajak sebesar 70%. Pajak Penghasilan (PPh) dan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) adalah jenis pajak yang paling banyak menyumbang untuk pendapatan negara.

Meningkatkan Utang Negara

- Korupsi tentunya akan memperburuk keuangan negara. Selain sebelumnya negara memang sudah punya hutang dengan negara lain, dengan adanya korupsi justru hutang itu akan semakin bertambah.

Menurunnya Pertumbuhan Ekonomi dan Investasi

- Dengan adanya tindak korupsi di suatu negara akan menyebabkan para investor dari luar negeri tidak percaya lagi dengan kepastian hukum dalam tindak korupsi untuk menanamkan modal di industri suatu negara. Kondisi ini mempersulit pembangunan ekonomi.

Menambah Beban dalam Transaksi Ekonomi

- Adanya suap, pungli, penyelewengan dana dalam sebuah perekonomian membuat biaya transaksi akan semakin besar. Besarnya biaya transaksi akan menyebabkan tidak efisien dalam perekonomian seperti, penggunaan sumber daya untuk penciptaan, penggunaan, pemeliharaan, perubahan, dan sebagainya.

Ketimpangan Pendapatan

- Tindakan korupsi ini menyebabkan perpindahan sumber daya untuk publik ke tangan pelaku. Hal ini membuat uang pembelanjaan pemerintah menjadi berkurang. Dengan adanya tindakan korupsi ini ketimpangan pendapatan akan terjadi antara elit koruptor dengan masyarakat karena pindahnya sumber daya untuk publik tadi.

Meningkatkan Kemiskinan

- Kemiskinan absolut, artinya seseorang yang memiliki kondisi di bawah garis kemiskinan atau dapat dikatakan tidak dapat memenuhi kebutuhan sandang, pangan, kesehatan, dan pendidikan untuk hidup dan bekerja dengan layak.

- Kemiskinan relatif, artinya kemiskinan karena pengaruh kebijakan yang menyebabkan ketimpangan pendapatan. Standar kemiskinan ini relatif -ditentukan oleh pandangan subyektif masyarakat.

- Kemiskinan kultural, artinya kemiskinan yang disebabkan oleh faktor budaya yang membuat seseorang terbelenggu dalam kondisi miskin.

- Kemiskinan struktural, artinya kemiskinan yang terjadi karena ketidakberdayaan seseorang atau sekelompok masyarakat terhadap kebijakan tertentu dan membuat sistem yang tidak adil, sehingga terjebak dalam kemiskinan.

•▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬•                                                                                                                      

#Let's Learn Together Brainly                                                  

#Hope you understand                                                        

#Don't forget to press like                                                                  

間違っていたらごめんなさい                        

▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬•

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh yankandrea78 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 15 Mar 22