Perusahaan yang bertujuan menghasilkan laba yang merupakan entitas atau badan

Berikut ini adalah pertanyaan dari zidkaramadhinaf4102 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Perusahaan yang bertujuan menghasilkan laba yang merupakan entitas atau badan hukum terpisah di mana kepemilikannya dibagi dalam saham-saham disebut....

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

PENDAHULUAN

Berdasarkan badan hukumnya, perusahaan dibagi menjadi tiga, yaitu:

  • CV (PERSEKUTUAN KOMANDITER) merupakan badan usaha yang didirikan oleh lebih dari satu orang. Dalam CV, keanggotaan terdiri atas sekutu aktif dan sekutu pasif. Sekutu aktif berperan dalam menjalankan seluruh aktivitas perusahaan. Sedangkan sekutu pasif, hanya berperan dalam pemberian modal usaha.
  • FIRMA merupakan badan usaha yang didirikan oleh lebih dari satu orang. Seluruh permodalan dan aktivitas operasi perusahaan ditanggung bersama-sama, baik di saat perusahaan mengalami keuntungan, maupun kerugian sekali pun.
  • PERSEROAN merupakan badan usaha yang kepemilikannya dibagi dalam bentuk saham-saham. Orang yang memiliki saham dapat ikut ambil bagian sebagai pemilik perusahaan. Tujuan utama dari perseroan adalah untuk menghasilkan keuntungan atau laba sebanyak-banyaknya.

PEMBAHASAN

Perusahaan yang bertujuan menghasilkan laba yang merupakan entitas atau badan hukum terpisah dimana kepemilikannya dibagi dalam saham-saham disebut Perseroan.

ANALISIS JAWABAN

Perseroan merupakan perusahaan, entitas, badan usaha, atau badan hukum yang kepemilikannya dibagi atas saham-saham serta memiliki tujuan untuk menghasilkan keuntungan sebanyak-banyaknya.

Kelebihan perseroan dibanding badan usaha lain seperti CV dan Firma adalah kepemilikannya yang fleksibel karena terbagi atas saham-saham. Bisa dikatakan bahwa walaupun hanya ada satu perusahaan perseroan saja, namun pemiliknya bisa mencapai ribuan bahkan jutaan orang, tergantung dari jumlah saham yang diedarkan.

Kepemilikan ini bisa dipindahtangankan melalui aktivitas jual/beli saham. Jadi, pemilik bisa mendapatkan keuntungan dari jual/beli saham ini. Selain itu, perusahaan juga rutin dalam membagikan deviden (bagi hasil) kepada seluruh pemegang saham setiap tahunnya.

Semoga Bermanfaat

Terima Kasih ^^

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh WallStreet dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 20 Aug 21