Sebut dan jelaskan 6 aspek dalam pengelolaan keuangan

Berikut ini adalah pertanyaan dari kadek5362 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Sebut dan jelaskan 6 aspek dalam pengelolaan keuangan

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Mendapatkan Uang

Mana bisa belanja atau bayar tagihan kalau tidak punya uang. Jadi, bisa dibilang aspek ini menjadi dasar dari pengelolaan sebuah pengelolaan keuangan. Karena tanpa adanya uang yang dapat diatur, mustahil Anda melakukan pengelolaan secara tepat dan baik. Cara mendapatkan uang tentu harus dengan bekerja dan berusaha sesuai keahlian dan kesempatan yang Anda miliki. Jangan lupa, dibalik uang yang Anda dapatkan, terdapat pihak lain yang mesti mendapatkan uang sebagai hadiah atau hibah, misalnya saja ahli waris yang mendapatkan warisan.

2. Merencanakan Pemakaian Uang

Inilah poin yang bisa dibilang menjadi permulaan dari sebuah perencanaan keuangan yang baik. Namanya juga merencanakan, pastinya hal ini harus dilakukan di awal sebelum Anda mengeluarkan uang. Buat alokasi uang yang rencananya mau dikeluarkan, ditabung, dan diinvestasikan. Dengan begitu, Anda menjadi tahu mana pos yang mesti diutamakan untuk dipenuhi lebih dulu. Usahakan jangan sampai melanggar rencana yang sudah dibuat, karena hal itu akan mengacaukan rencana keuangan yang sudah dibuat.

3.Menyimpan Uang

Setelah memperoleh uang dari hasil kerja maupun hadiah tersebut, sebaiknya Anda langsung menyisihkan sebagian nominalnya. Kegiatan ini dikenal dengan istilah menabung. Anda dapat menyimpan uang tersebut di rumah dititipkan kepada seseorang, ataupun menaruhnya di bank agar lebih aman. Banyak orang menabung sisa pemakaiannya, padahal seharusnya menabung dilakukan pada saat pendapatan baru diperoleh.

4.Mengembangkan Uang

Selain menyisihkan sebagian pendapatan Anda untuk disimpan guna keadaan darurat ataupun untuk keperluan yang direncanakan, Anda juga dapat mengelola keuangan dengan cara mengembangkan dana yang sudah ada. Pengembangan uang ini disebut sebagai investasi. Investasi dapat dilakukan sendiri melalui pengembangkan usaha. Contohnya Anda menambah modal usaha Anda agar keuntungan yang didapat nantinya semakin besar. Selain itu, investasi bisa Anda lakukan dengan membeli produk keuangan investasi, seperti saham, reksadana, maupun obligasi atau surat utang

Penjelasan:

maaf hanya 4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh savainestianriski dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 26 Feb 22