1. Sebutkan dan jelaskan dampak ekonomi yang terjadi dengan adanya

Berikut ini adalah pertanyaan dari zalfakholisa10 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

1. Sebutkan dan jelaskan dampak ekonomi yang terjadi dengan adanya kebijakan pemerintah mengenai larangan mudik tahun 2021?2. Dampak apa yang terjadi dari segi ekonomi dan kesehatan dengan adanya kebijakan pemerintah yang memperbolehkan seluruh wisata bisa beroperasi pada saat lebaran tahun ini?
tolong bantu jawab kak

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

1. Dampak negatif :

- Berkurang nya pendapatan pada sektor transportasi (mengakibatkan PHK)

- Pendapatan pusat perbelanjaan (contoh : department store) dan supermarket juga akan menurun.

Dampak positif:

- Penghematan (Meningkatkan daya beli di kemudian hari)

- Peningkatan perekonomian lokal

- Peningkatan di sektor komunikasi

2. Sektor pariwisata lokal akan meningkat, tapi dapat meningkatkan resiko menimbulkan image yang buruk apabila terdapat kasus korona di tempat pariwisata tersebut.

Penjelasan:

1. Larangan mudik akan secara langsung berdampak pada sektor transportasi dan dapat berimbas pada terjadinya pengurangan pekerja di sektor ini. Dengan berkurang nya individu yang merayakan lebaran, yang biasanya dirayakan dengan membeli baju baru, sepatu baru, dan lain-lain, serta menyajikan masakan yang beraneka ragam juga akan menurun.

Dengan demikian, bila dipandang secara positif maka akan mengakibatkan penghematan pada individu tersebut sehingga mungkin dapat meningkatkan daya beli yg lebih baik dikemudian hari. Dapat terjadi peningkatan perekonomian lokal juga (contoh : pariwisata lokal), dan sektor komunikasi juga akan meningkat karena mayoritas orang akan menggunakan daring untuk bersilahturami.

2. Tentunya akan terjadi peningkatan di sektor pariwisata diantaranya hotel, kuliner, dan tempat rekreasi. Namun, peningkatan tersebut akan menaikkan resiko penularan, mengingat sektor pariwisata identik dengan kerumunan orang. Resiko ini akan menimbulkan image yang buruk untuk sektor pariwisata apabila terdapat kasus korona di tempat tersebut.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh cynthiaongko dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 13 Jul 21