1. Fakta Budaya konsumerisme dalam masyarakat 2. Bahaya konsumerisme 3. Contoh Kasus

Berikut ini adalah pertanyaan dari milo25cleo pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

1. Fakta Budaya konsumerisme dalam masyarakat2. Bahaya konsumerisme
3. Contoh Kasus konsumerisme ( Identifikasi kasus)
4. Cara mencegah budaya konsumerisme

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

1. Fakta budaya konsumerisme dalam masyarak Indonesia Menurut riset yang dilakukan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), masyarakat Indonesia menduduki peringkat ketiga dalam ranking kepercayaan diri sikap konsumtif.

2. Bahaya Konusmerisme disamping ketergantungan terhadap suatu barang juga menimbulkan kasus berkepanjangan apabila produk yang kita konsumsi atau pakai berasal dari luar negeri, sebagai contoh nya adalah HP android yang diproduksi dari luar, ketika kita membelinya secara otomatis kita juga membuat nilai mata uang menjadi rendah karena adanya transaksi yang melibatkan import barang dari luar negeri dan menjadi pemasukan asing pada Indonesia,

3. Contoh kasus ( Pembelian Laptop Asus dengan Platform Shopee)

pada kasus ini Tony ingin membeli Laptop Asus Tuf F16 pada platform shopee dan akan membelinya serta mencantumkan alamat rumahnya
dalam proses nya Tony hanya perlu melakukan transfer pada shopee sambil menunggu proses pengiriman barang.

Identifikasi Kasus, Tony melakukan kegiatan konsumtif terhadap barang barang yang ada pada shopee karena prosesnya yang cepat dan praktis, serta melakukan transfer untuk mendapatkan tanda bukti pembayaran, bersamaan dengan proses pengiriman barang. hal ini akan memicu perubahan pada dua nilai mata uang. yakni Nilai mata Uang Indoneisa, dan mata uang asing dari negara pembuat produk tersebut.

4. Cara mencegah budaya konsumerisme

- menjadi pribadi yang kreatif (karena konsumtif berakar pada kemalasan, dan kenikmatan dari pemakaian barang yang dibikin oleh orang lain)

- mencari kajian suatu ilmu agar bisa membuat suatu produk ( disatu sisi membangun kualitas sdm kita, disisi lain juga berpotensi melakukan kegiatan usaha dan membuka lapangan pekerjaan bagi orang sekitar)

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Atheo4th dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 25 Jul 22