apakah batMasyarakat konsumtif di Indonesia yang membesar, berdampak pada peningkatan

Berikut ini adalah pertanyaan dari Pyeong pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Apakah batMasyarakat konsumtif di Indonesia yang membesar, berdampak pada peningkatan sampah, khususnya sampah plastik kemasan sehingga mencemari lingkungan.Untuk menjaga lingkungan bisa dengan cara beli yang baik. Sampah yang sulit terurai akan berdapak besar bagi masa kini dan di masa yang akan datang. Policy and Governance Specialist Yayasan WWF Indonesia Andik Hardiyanto mengatakan jumlah masyarakat konsumtif di Indonesia akan meningkat, dari 85 juta orang pada 2020 menjadi 135 juta orang pada 2030.

Banyak dari masyarakat yang membeli barang yang dibeli tidak terpakai dan berujung menjadi sampah," katanya secara virtual pada Talkshow BYB SCP Expo, Jumat (23/4/2021).
Beli yang baik yaitu beli yang diperlukan, beli yang lokal, beli yang awet, beli yang ekolibel dan mau dibawa kemana sampah tersebut nantinya.
Semua yang dibeli dan konsumsi berpengaruh bagi kehidupan dan lingkungan. Dengan memilih produk-produk yang diproduksi tanpa merusak dan membahayakan lingkungan, dapat membantu masa depan bumi sekaligus masa depan diri sendiri dan anak cucu kelak.

Ketua Komunitas Earth Hour Bandung Arsellia Dwi Handayani menyarankan untuk menjadi konsumen yang bijaksana. Hal itu bisa dimulai dari membeli sesuatu yang diperlukan bukan karena kemauan. "Bijak itu bukan berarti harus menghentikan aktivitas belanja. Bijak itu bisa memilih mana yang baik dan tepat untuk di beli," kata Arsellia. Arsellia mengatakan bila setiap produk yang dikonsumsi tidak semerta-merta hadir begitu saja. Dengan mengenali dari mana asalnya, dan bagaimana produk tersebut dihasilkan, maka bisa mengetahui dampak dari pola konsumsi yang dipilih. "Untuk menjadi konsumen yang bijak, bisa menerapkan prinsip beli yang baik untuk memilih produk, menggunakan produk, hingga membuang produk setelah digunakan," tutup Arsellia.

Jawab dan analisislah pertanyaan di bawah ini:

a. Berdasarkan kasus di atas, terdapat informasi: Semua yang dibeli dan dikonsumsi berpengaruh bagi kehidupan dan lingkungan. Hubungkanlah informasi di atas dengan hak yang dimiliki konsumen dalam kegiatan konsumsinya dan bagaimana peranan hak itu akan masa depan anda dan anak cucu anda kelak.


b. Alam dan lingkungan yang Tuhan beri bukan hanya untuk dinikmati oleh anda, tetapi juga akan selalu dinikmati oleh seluruh ciptaanNYa dan bagi anak cucu kita kelak. Berdasarkan data di atas, jelaskan dan analisis lah melalui tindakan nyata apa yang bisa anda lakukan dan berikan alasannya dalam langkah membeli yang baik dan bijaksana sebagai seorang konsumen dalam kehidupan sehari-hari yaitu: beli yang diperlukan:

beli yang lokal:

beli yang awet:

beli yang ekolibel:

bagaimana cara memperlakukan sampah tersebut:

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Analisis: Semua yang dibeli dan dikonsumsi berdampak bagi kehidupan dan lingkungan, hubungannya dengan hak yang dimiliki konsumen dalam aktivitas konsumsinya dan bagaimana peranan hak itu akan masa depan. Setiap orang memiliki hak, namun sekaligus dengan tanggung jawab. Alam dan bumi kita merupakan tanggung jawab kita bersama. Global warming merupakan salah satu contoh dampak dari kegagalan kita dalam menjaga alam, salah satunya diakibatkan oleh banyaknya polusi yang diakibatkan oleh kendaraan bermotor dan juga dari pabrik. Hal ini dipengaruhi secara tidak langsung oleh banyaknya konsumsi terhadap barang-barang baik yang dibutuhkan maupun hanya sekedar diinginkan. Meskipun setiap orang mempunyai hak untuk menentukan apa yang dia lakukan, namun hak itu juga dibatasi oleh hak orang lain, termasuk hak anak cucu kita kelak dalam menikmati alam. Karena itu bijaksanalah dalam mengelola hak konsumsi, karena itu bisa jadi dapat mengganggu hak generasi penerus dimasa yang akan datang.

Prinsip konsumen yang cerdas

Beli yang lokal : membeli produk lokal, produk dari sekitar kita, produk dalam negri, dengan tujuan bukan hanya untuk pemberdayaan masyarakat sekitar, namun juga hal ini dapat memangkas panjangnya alur distribusi dan alur transportasi sehingga dapat lebih hemat energi

beli yang awet: dengan menggunakan bahan-bahan yang awet maka selain akan menjadi lebih hemat, juga mencegah kita untuk konsumtif karena belum membutuhkan barang yang baru.

Barang yang ekolibel atau ramah lingkungan, contohnya adalah dengan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai atau disposible dan menggantinya dengan barang-barang yang dapat di re-use. contoh mengurangi penggunaan minuman air mineral dalam kemasan plastik dan menggantinya dengan membawa minuman sendiri dalam wadah berbahan plastik atau kaca yang dapat dicuci dan digunakan ulang. Hal ini akan berdapak dalam mengurangi sampah plastik

Penjelasan:

jawaban no 1 didasarkan pada prinsip bahwa setiap individu memiliki kebebasan dalam pemenuhan haknya namun harus memperhatikan tanggung jawab terkait pemenuhan hak diri tidak merugikan hak orang lain.

Penjelasan dan analisis terkait menjaga alam dan lingkungan yang Tuhan beri bukan hanya untuk dinikmati oleh kita namun juga makluk lain dan juga generasi yang akan datang dengan cara menjadi konsumen yang cerdas, yaitu dalam membeli berdasarkan prinsip pembelian yang mencakup beli yang lokal, beli yang awet dan beli yang ekolibel.dengan menggunakan prinsip-prinsip tersebut, maka kebutuhan kita tetap terpenuhi namun juga dapat tetap melesatarikan alam dengan cara tidak menambah beban bumi terkait sampah yang dapat merusak lingkungan.

Pelajari Lebih Lanjut:

Materi faktor-faktor konsumsi

yomemimo.com/tugas/11205077?tbs_match_experiment=1

Materi konsumsi produktif

yomemimo.com/tugas/22297720

Materi konsumsi langsung dan tidak langsung

yomemimo.com/tugas/22297720

Detil Jawaban:

Kelas : SMP

Mapel : Ekonomi

Bab : 2

Kode : 10.12.2

#AyoBelajar

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh adihandono dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 21 Feb 22