Sebuah pabrik kertas didirikan di lahan yang dekat dengan sumber

Berikut ini adalah pertanyaan dari FZenner3447 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Sebuah pabrik kertas didirikan di lahan yang dekat dengan sumber bahan bakunya. namun yang menjadi permasalahan bagi perusanaan adalah iklim di lokasi pabrik tersebut kering, panas, dan berangin pada musim panas. hal ini menimbulkan risiko kebakaran. mengatasi hal ini, ada beberapa pilihan yang dapat diambil perusahaan, seperti mengasuransikan gedung dan semua produk perusahaan. pilihan lainnya, perusahaan juga dapat menyisihkan sejumlah uang setiap bulannya untuk menutupi kemungkinan risiko tersebut sambil menerapkan standar dan prosedur kerja bagi karyawan di pabrik tersebut

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Menurut kasus tersebut, akan sangat bagus jika  pabrik  dapat menerapkan prosedur manajemen risiko yang ketat dan efektif di  perusahaan, dari manajemen puncak hingga  personel operasi. Manajemen risiko masalah menunjukkan jenis risiko apa  yang dapat ditimbulkan oleh  perusahaan, termasuk  penyebab (faktor alam dan bencana, kelalaian, kecelakaan, wabah  penyakit , dll.) Artinya Anda mencoba mengidentifikasi. Manajemen perusahaan kemudian mengukur jumlah kerusakan yang  dapat ditimbulkan oleh risiko ini dan mengambil langkah-langkah yang tepat untuk  mengelola dan mengendalikan risiko di masa depan. Selain, perusahaan harus memastikan kelangsungan usaha yang telah terjalin selama  tahun dan memastikan terus beroperasi secara normal jika terjadi kerugian yang signifikan.

Penjelasan:

Untuk risiko kebakaran sendiri, salah satu cara yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah dengan mengasuransikan perusahaan beserta dengan aset-aset dan semua produk perusahaan, termasuk seluruh sumberdaya yang ada, terutama SDM. Perlu digarisbawahi bahwa risiko kebakaran tidak hanya menyebabkan kerugian secara material seperti rusaknya aset, mesin produksi, produk perusahaan, dll, tetapi juga dapat mengancam keselamatan nyawa seluruh sumberdaya manusia yang bekerja pada perusahaan tersebut. Belum lagi jika lokasi pabrik berdekatan dengan pemukiman penduduk, tidak menutup kemungkinan api dengan mudah merambat ke pemukiman karena kondisi angin kencang dan produksi utama pabrik berupa benda yang mudah terbakar (kertas), menyebabkan perusahaan harus bertanggungjawab untuk mengganti kerugian-kerugian yang disebabkan insiden kebakaran ini. Dapat dibayangkan betapa banyaknya kerugian yang harus diganti oleh perusahaan.

Pelajari lebih lanjut tentang manajemen resiko: yomemimo.com/tugas/29951338

#BelajarBersamaBrainly

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh grahatama dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 25 Jan 22