3. bagaimana cara meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan kebijakan makro dan

Berikut ini adalah pertanyaan dari Azizah22681 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

3. bagaimana cara meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan kebijakan makro dan mikro?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Cara memajukan perekonomian secara mikro dan makro yaitu dengan cara menstabilkan perekonomian (Secara makro), jika perekonomian stabil, maka ada kepastian bagi para pelaku ekonomi untuk melakukan usahanya, misalnya dengan nilai rupiah yang stabil dan tingkat inflasi yang ditentukan oleh pemerintah tepat, maka para pelaku ekonomi atau pengusaha akan lebih berani untuk memutuskan masalah produksinya, seperti meningkatkan jumlah produksinya, jumlah produksi ini akan berpengaruh pada jumlah tingkat tenaga kerja, dengan demikian memajukan perekonomian secara mikro akan terlaksana, dan jika tenaga kerja terserap dengan baik, nilai ekspor meningkat maka perekonomian secara makro berhasil dilakukan, karena ada kaitan yang erat antara perekonomian secara mikro dan makro.

Penjelasan:

Perekonomian secara makro dan mikro sangat erat kaitannya, ada hubungan melingkar antara keduanya, keberhasilan makro dikarenakan keberhasilan mikro, dan keberhasilan mikro dikarenakan keberhasilan makro, oleh sebab itu langkah utama untuk memajukan perekonomian adalah menstabilakan perekonomian tersebut.

Pokok bahasan utama dalam ekonomi makro adalah kebijakan pemerintah dalam usaha menstabilkan perekonomian, terutama nilai inflasi baik inflasi terhadap barang maupun terhadap mata uang negara asing.

Kebijakan Moneter adalah kebijakan pemerintah dengan cara mempengaruhi jumlah uang yang beredar dimasyarakat dengan tujuan untuk mengendalikan inflasi.

Kebijakan fiskal adalah kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah dengan cara mempengaruhi dan memanipulasi besarnya APBN yang digunakan, tujuan utama kebijakan fiskal adalah mengurangi jumlah pengangguran, karena masalah pengangguran masalah utama dalam perekonomian.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh NandaayuAR dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 09 Nov 21