Berikan contoh keputusan manajemen yg memerlukan riset pemasaran

Berikut ini adalah pertanyaan dari IQHY6835 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Berikan contoh keputusan manajemen yg memerlukan riset pemasaran

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

contoh keputusan manajemen yg memerlukan riset pemasaran adalah perusahaan Unilever dan Procter & Gamble atau P &G. Kedua perusahaan yang saling bersaing merebut pasar barang kebutuhan rumah tangga di Indonesia selalu mengadakan riset pemasaran secara periodik.

Perusahaan pertama yang berasal dari Eropa ini menghadapi perlawanan sengit dalam memperebutkan pasar Indonesia.

Pembahasan

Semua produk dari kedua korporasi consumer goodstersebut selalu melakukaninovasi setiap bulannya karena produk mereka mirip atau sama satu dengan lainnya.

Perlombaan dalam riset pemasaran Unilever dan P&G menjadi persaingan yang sangat ketat di negara kita. Sebagai contoh P&G sedang melakukan riset pasar tentang shampo, dan pada saat bersamaan Unilever juga melakukan riset pemasaran tentang shampo, dan akibatnya ketika shampo dari P&G mulai masuk ke konsumen, maka pada waktu bersamaan Unilever mengeluarkan shampo mirip dengan P&G.

Hal ini terjadi kemiripan produk karena mereka sama sama melakukan riset pemasaran untuk pasar yang sama yaitu konsumen Indonesia.

Karena pasar dan konsumen yang dituju sama, maka memiliki karakteristik dan preferensi yang sama, dan menghasilkan shampo dengan ciri yang persis sama.

Artinya kesimpulan sementara bahwa dalam pasar kompetitif, riset pemasaran sangat diperlukan untuk mendapatkan data pendukung akurat bagi manajemen perusahaan untuk membuat produk yang disukai dan dipilih konsumen.

Biasanya anggaran riset pemasaran kedua raksasa korporasi tersebut mencapai 40% dari harga produk mereka.

Pelajari lebih lanjut mengenai preferensi konsumen pada

yomemimo.com/tugas/2304092?utm_source=android&utm_medium=share&utm_campaign=question

#BelajarBersamaBrainly

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh unknown dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 11 Jan 22