Sebutkan input dan output yang dihasilkan oleh manajemen operasional ?

Berikut ini adalah pertanyaan dari ayuraiwerdi65 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Sebutkan input dan output yang dihasilkan oleh manajemen operasional ?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Input dan output yang dihasilkan oleh manajemen operasional adalah yang berkaitan dengan perbaikan strategi kegiatan bisnis dalam hal produksi barang dan jasa.

Input yang dihasilkan manajemen operasional adalah bahan baku, energi, kebutuhan konsumen, informasi, kemampuan perusahaan, serta keuangan perusahaan.

Sedangkan output yang dihasilkan manajemen operasional adalah hasil dari penciptaan barang dan jasa yang diberikan untuk konsumen.

Penjelasan:

Dalam hal ini kita akan melakukan pembahasan mengenai manajemen operasional.

Manajemen operasional adalah salah satu bidang manajemen yang selalu berkaitan dan berhubungan dengan mengawasi, merancang, serta mengendalikan kegiatan produksi. Dalam hal tugas, manajemen operasional memiliki tugas mengendalikan aktivitas produksi dan proses perbaikan strategi kegiatan bisnis dalam hal produksi barang juga jasa.  Dalam aktivitasnya manajemen operasional selalu berhubungan dengan segala kegiatan perusahaan dalam melakukan pengubahan rangkaian input dasar. Misalnya pengubahan input bahan baku, energi, kebutuhan konsumen, informasi, kemampuan perusahaan, keuangan perusahaan, dan sebagainya dimana yang akan menjadi outputnya adalah hasil dari penciptaan barang atau jasa tersebut untuk konsumen. Manajemen operasional inipun memiliki tujuan, tujuannya adalah dapat mengatur penggunaan faktor-faktor produksi yang dihasilkan akan dinilai sebagai hasil yang berasal dari jumlah output yang dihasilkan akan bertambah besar, produktivitas meningkat, serta kualitasnya pun akan menjadi lebih baik. Secara ringkas, bidang pekerjaan manajemen operasional mencakup pengadaan barang juga jasa dari sumber terkait, menjalin hubungan baik dengan pihak-pihak yang terlibat pada proses operasional, dan juga dapat meningkatkan kemampuan perusahaan saat mengoptimalkan sumber daya. Kajian tentang manajemen operasional memperlihatkan bahwa motivasi kerja adalah elemen penting pada produktivitas. Manjemen operasional penting untuk sebuah perusahaan dikarenakan manajemen operasional dapat menjadikan perusahaan semakin baik dalam mencapai tujuan perusahaan. Dalam hal ini manajemen operasional di wajibkan untuk dapat memastikan seluruh aktivitas perusahaan berjalan dengan seharusnya.  Maka dengan itu manajemen operasional tidak kalah pentingnya dengan manajemen bidang lainnya.

Pelajari lebih lanjut:

  1. Materi tentang manajemen yomemimo.com/tugas/44025114
  2. Materi tentang manajemen operasional yomemimo.com/tugas/33546556

#BelajarBersamaBrainly

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh equivocactor dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 19 Dec 21