a. cara mengatasi jenis pengangguran struktural dan pengangguran teknologi b.

Berikut ini adalah pertanyaan dari tapir6922 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

A. cara mengatasi jenis pengangguran struktural dan pengangguran teknologib. dampak pengangguran struktural dan teknologi bagi perekonomian

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

a. Untuk mengatasi permasalahan pengangguran struktural ini ada beberapa solusi yang bisa kita jadikan sebagai pedoman, yaitu:

Meningkatkan Modal Usaha

Meningkatkan perputaran dan peredaran modal dan jumlah tenaga kerja agar mampu mengurangi angka pengangguran yang ada.

Migrasi ke Wilayah Pekerjaan

Memindahkan individu pencari kerja atau penganggur ke wilayah atau daerah yang memiliki lowongan pekerjaan atau migrasi yang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Membuka Usaha Sendiri

Mendirikan industri atau proyek karya sendiri yang sesuai dengan keahlian penganggur agar bisa mengurangi angka pengangguran.

Penyuluhan Ekonomi dan Teknologi di Masyarakat

Melakukan penyuluhan dan menyadarkan masyarakat mengenai pentingnya penguasaan teknologi agar bisa menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan bisa memiliki keahlian agar bisa menyesuaikan diri dengan perubahan struktur perekonomian.

Membuka Lapangan Pekerjaan Sebanyak-banyaknya

Membuat lapangan pekerjaan yang besar agar bisa menampung pengangguran, dan meningkatkan ekonomi di suatu wilayah dan negara dengan inovasi-inovasi baru.

b. Pengangguran struktural jika tidak segera diatasi dapat berdampak beberapa hal. Adapun dampak dari pengangguran dapat dilihat dari segi ekonomi, diantaranya sebagai berikut:

Dampak dari segi ekonomi

Dari segi ekonomi, dampak pengangguran diantaranya sebagai berikut:

• Akan menyebabkan turunnya produk domestik bruto (PDB) yang akan berdampak juga pada pendapatan nasional yang akan mengalami penurunan.

• Menyebabkan terhambatnya investasi karena jumlah tabungan masyarakat yang ikut menurun.

• Akan menyebabkan menurunnya daya beli masyarakat sehingga dapat mengakibatkan kelesuan dalam berusaha.

Penjelasan:

Jadikan Jawaban Tercerdas Yaa

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh rasyadjr18 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 17 Jan 22