tolong dibantu ya kak.. makasii1. jelaskan 3 masalah ekonomi yang

Berikut ini adalah pertanyaan dari tharynabila19 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Tolong dibantu ya kak.. makasii1. jelaskan 3 masalah ekonomi yang dihadapi individu atau organisasi
2. jelaskan beberapa kebijakan yang ada di dalam ekonomi mikro
3. jelaskan variabel variabel yang dipelajari didalam ekonomi makro​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

  1. Masalah ekonomi mikro: barang atau jasa apa saja yang akan diproduksi dan berapa banyak (what), bagaimana memproduksi barang atau jasa (how), untuk siapa barang atau jasa tersebut (whom). Masalah ekonomi makro: tingkat pengangguran, laju inflasi, dan kapasitas produksi.
  2. Beberapa kebijakan yang ada di dalam ekonomi mikro yaitu kebijakan pajak, kebijakan harga terendah dan harga tertinggi serta kebijakan subsidi.
  3. Variabel-variabel yang dipelajari dalam ekonomi makro meliputi variabel pendapatan nasional, variabel kesempatan kerja, variabel laju inflasi, variabel investasi serta variabel neraca pembayaran.

Pembahasan:

Masalah ekonomi modern meliputi:

  1. What (barang atau jasa apa yang diproduksi?)
  2. How (bagaimana cara memproduksi barang atau jasa?)
  3. Whom (untuk siapa barang atau jasa diproduksi?)

Ekonomi mikro adalah pembahasan tentang perekonomian dalam ruang lingkup yang kecil. Terdapat beberapa kebijakan dalam ekonomi mikro yaitu:

  1. Kebijakan pajak: melalui pajak, ekonomi negara dapat bertumbuh sehingga pembangunanpun lancar.
  2. Kebijakan harga terendah: berfungsi agar tidak ada pihak penjual yang dirugikan akibat harga penjualan yang terlalu rendah.
  3. Kebijakan harga tertinggi: berfungsi untuk memberi batasan agar daya beli masyarakat terjaga sehingga inflasi terhindari dan kesejahteraan masyarakat terjaga.
  4. Kebijakan subsidi: merupakan campur tangan pemerintah dalam pembentukan harga pasar. Dengan ini, perusahaan yang sudah berkembang maupun yang masih baru dapat bersaing di pasar.

Variabel-variabel yang dipelajari dalam ekonomi makro:

  1. Variabel pendapatan nasional: merupakan jumlah nilai barang dan jasa akhir pada periode waktu tertentu yang dihasilkan oleh perekonomian nasional.
  2. Variabel kesempatan kerja: kesempatan kerja idealnya sesuai dengan jumlah angkatan kerja sehingga tingkat pengangguran dapat ditekan.
  3. Variabel laju inflasi: laju inflasi ditekan oleh pemerintah untuk menjaga kesejahteraan masyarakat.
  4. Variabel investasi: hal ini berguna untuk meningkatkan pemasukan masyarakat sehingga daya beli meningkat yang berdampak pada meningkatnya perekonomian negara.
  5. Variabel neraca pembayaran: berguna untuk memantau penerimaan devisa negara serta cadangan negara.

Pelajari lebih lanjut:

Ekonomi mikro dan makro yomemimo.com/tugas/21734883

#BelajarBersamaBrainly

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh priskathaliaa dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 09 Dec 21