Sebut dan jelaskan variabel- variabel yang mempengaruhi ekonomi mikro

Berikut ini adalah pertanyaan dari ramadhan2728 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama

Sebut dan jelaskan variabel- variabel yang mempengaruhi ekonomi mikro

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Variabel-variabel Ekonomi Makro adalah

Pendapatan Nasional

Kebijakan Ekonomi

Laju Inflasi

Pertumbuhan Ekonomi

Deflasi

Defisit

Surplus

Pengangguran

Investasi

Kemiskinan

Penjelasan:

Ekonomi Makro

Ekonomi Makro adalah Ilmu Ekonomi yang mempelajari tentang variabel-variabel ekonomi secara keseluruhan dalam ruang lingkup ekonomi yang besar atau luas.

Hal-hal yang dipelajari dalam Ekonomi Makro

Yaitu :

Ekonomi Makro membahas tentang pembagian Pelaku ekonomi dalam ekonomi makro yaitu : produsen, pemerintah, negara lain, rumah tangga, dan lembaga keuangan.

Ekonomi Makro membahas tentang keadaan perkembangan perekonomian dibidang moneter dan juga sumber daya telah dimanfaatkan di dalam kegiatan ekonomi.

Variabel-variabel Ekonomi Makro

Pendapatan Nasional

→ Pendapatan nasional adalah semua jumlah pendapatan yang diterima oleh seluruh rumah tangga keluarga di suatu negara dari penyerahan faktor-faktor produksi dalam satu periode, biasanya selama satu tahun yang dihitung oleh pihak yang bersangkutan.

Kebijakan Ekonomi

→ Kebijakan Ekonomi adalah sebuah kebijakan pemerintah dalam mengambil kebijakan atau keputusan di bidang ekonomi.

Inflasi

→ Inflasi adalah suatu proses meningkatkan harga harga pasar umum secara terus terus dalam jangka waktu tertentu dan meningkatnya jumlah uang yang beredar di masyarakat.

Pertumbuhan Ekonomi

→ Pertumbuhan Ekonomi adalah suatu proses dimana terjadi perubahan kondisi perekonomian suatu negara secara berkesinambungan menuju keadaan yang lebih baik selama periode tertentu untuk mencapai taraf hidup yang sejahtera.

Deflasi

→ Deflasi adalah suatu proses menurunnya harga harga pasar umum secara terus terus dalam jangka waktu tertentu dan menurunnya jumlah uang yang beredar di masyarakat.

Defisit

→ Defisit adalah berkurangnya kas dalam keuangan (pengeluaran lebih banyak daripada pemasukan)

Surplus

→ Surplus adalah bertambahnya kas dalam keuangan (pemasukan lebih banyak daripada pengeluaran)

Pengangguran

→ Pengangguran adalah orang yang tidak bekerja,sedang mencari kerja, ataupun orang yang bekerja dalam jangka waktu kurang dari dua hari dalam seminggu.

Investasi

→ Investasi adalah penanaman uang atau modal pada suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan sebesar-besarnya yang bisa diambil dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

Kemiskinan

→ Kemiskinan adalah suatu keadaan dimana karena ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan, pakaian, tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan pada suatu penduduk.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh ibnatysalsabila10 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 05 Feb 22