2. Perkembangan kelembagaan partai politik perlu diperkuat. Jelaskan! Kaitkan dengan

Berikut ini adalah pertanyaan dari leelolhah11 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

2. Perkembangan kelembagaan partai politik perlu diperkuat. Jelaskan!Kaitkan dengan seperangkat cara agar partai politik tumbuh sesuai harapan masyarakat

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Banyak faktor yang menghambat tingkat kelembagaan partai untuk berkembang dengan baik. Partai-partai yang ada umumnya relatif baru, sehingga infrastruktur partai belum berkembang dengan baik. Selain itu, partai politik sering mengalami konflik yang menguras tenaga dan waktu serta tidak sempat melembagakannya. Bahkan elit tidak menjadikan AD/ART sebagai satu-satunya aturan kepengurusan partai. Apalagi tradisi partai untuk menghormati perbedaan politik dan budaya yang demokratis di kalangan elit partai belum tumbuh. Pembangunan kelembagaan parpol harus diperkuat. Hal ini dikarenakan partai-partai yang ada saat ini belum  bersatu dan kebijakan yang diambil cenderung hanya menguntungkan satu pihak dan pihak tertentu saja.

Pembahasan

Cara partai politik tumbuh untuk memenuhi harapan masyarakat adalah dengan memperkuat kerjasama dalam segala hal berdasarkan kepentingan bersama, mengembangkan strategi strategis yang  secara signifikan mendukung masyarakat, dan memerangi korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut mengenai materi partai politik pada link berikut :

yomemimo.com/tugas/13155359

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh arinichoir dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 31 Jul 22