mendeskripsikan ciri ciri,kelebihan dan kekurangan pasar persaingan sempurna​

Berikut ini adalah pertanyaan dari agustinabila1686 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Mendeskripsikan ciri ciri,kelebihan dan kekurangan pasar persaingan sempurna​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna

1. Harus Ada Penjual dan Pembeli Yang Jumlahnya Sama Banyak

Ciri-ciri yang pertama ialah harus ada penjual dan pembeli yang jumlahnya sama banyak

2. Pedagang Bebas Menutup Atau Membuka Usaha

Di dalam sistem pasar persaingan sempurna, pihak pedagang diberi kebebasan untuk menutup atau membuka usahanya

3. Barang Yang dijual Bersifat Homogen

Agar tidak terjadi perbedaan harga dan kualitas barang, maka di struktur pasar ini, produk yang dijual harus setipe atau homogen.

4. Penjual Dan Pembeli Mengetahui Informasi Harga Yang Jelas

Ciri yang keempat adalah penjual dan pembeli harus mengetahui informasi terkait harga yang benar yang beredar di pasar tersebut.

Kelebihan dari Pasar Persaingan Sempurna

Peluang eksploitasi konsumen cukup rendah dalam persaingan sempurna. Itu karena penjual di pasar ini tidak memiliki harga monopoli. Dengan demikian, mereka tidak memiliki pengaruh apa pun terhadap harga produk atau mereka tidak dapat membebani konsumen lebih tinggi dari harga normal.

Pasar persaingan sempurna dianggap berorientasi pada konsumen. Penjual tidak dapat mengganggu konsumen. Jika ya, pembeli akan berpindah ke penjual lain secara instan.

Di struktur pasar ini, sangat sedikit atau tidak ada biaya iklan karena produknya homogen. Produk yang dapat dengan mudah digantikan oleh barang serupa dari pemasok lain, karena secara fundamental memiliki kualitas dan karakteristik fisik yang sama dengan yang lain.

Kekurangan dari Pasar Persaingan Sempurna

Dalam bentuk struktur pasar ini, penjual tidak mendapatkan motivasi apa pun untuk menghadirkan inovasi atau menyertakan fitur tambahan dalam produk. Ini karena penjual tidak dapat dikenai biaya tambahan untuk fitur-fitur tambahan tersebut karena pembeli dapat pindah ke penjual lain.

Lokasi memainkan peran besar dalam menghasilkan penjualan. Perusahaan yang berlokasi di lokasi utama cenderung mendapatkan lebih banyak penjualan daripada yang tidak.

Ada sangat sedikit hambatan untuk memasuki pasar persaingan sempurna karena perusahaan mana pun dapat memasuki pasar ini untuk menjual produk, itu berarti kemungkinan pesaing akan lebih banyak.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh HadiMartadinata dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 07 Mar 22