1. Jelaskan pendapat saudara mengenai pendekatan Human Relations, dan berikan

Berikut ini adalah pertanyaan dari renotiago76 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1. Jelaskan pendapat saudara mengenai pendekatan Human Relations, dan berikan contohnya?2. Jelaskan kondisi lingkungan organisasi pada masa saat ini berdasarkan dimensi Robert Ducan
3. Jelaskan metode pengukuran efektivitas organisasi dengan metode pendekatan constituency

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

  1. Pendekatan human relationsadalahmengutamakan hubungan antar individu seupaya berjalan dengan baik dan harmonis dalam organisasi.
  2. Lingkungan organisasi saat ini berdasarkan dua dimensi Robert Duncan dapat dianalisa melalui tingkat perubahan lingkungan dan kompleksitas lingkungan.
  3. Metode pengukuran efektivitas organisasidenganmetode pendekatan constituencymenekankan padakepuasan kelompok dalam dan luar organisasi untuk mencapai kepentingan performa organisasi.

Pembahasan

Pendekatan human relation

Hal yang harus dipahami apabila menggunakan pendekatan ini adalah manusia memiliki perasaan, watak dan karakter yang berbeda. Sehingga manajemen atau pimpinan perlu menanggapi dan memperlakukan karyawan dengan baik. Setiap pengambilan keputusan harus memperhatikan dampak yang terjadi pada karyawan.

Hal ini sesuai dengan pengertian dari The Liang Gieyaituhuman relations adalah segala kegiatan yang menyatupadukan manusia dengan pekerjaan dalam organisasi, yang memungkinkan adanya perkembangan diri manusia sepenuhnya. Sehingga antara manusia dan pekerjaan itu memiliki hubungan timbal balik yang bermanfaat.

Contohnya: melakukan pemberian bonus saat perusahaan mencapai target, melakukan rapat divisi kecil untuk evaluasi, melakukan outing untuk mempererat hubungan antar karyawan.

Dua dimensi Robert Duncan

Kerangka teori dari dua dimensi Robert Duncan ini adalah lingkungan mengalami perubahan secara perlahan bahkan bisa dengan drastis. Sementara itu semakin banyak elemen yang ada pasa suatu lingkunan maka semakin kompleks lingkungan tersebut.

Kondisi organisasi saat ini tentu berbeda pada skalanya. Untuk organisasi kecil maka kompleksitas semakin kecil. Hal yang perlu diperhatikan adalah perubahan lingkungannya. Jika perubahan lingkungan masih perlahan maka kondisi organisasi bisa stabil. Namun jika organisasi semakin besar maka semakin kompleks. Jika lingkungan di organisasi besar ini berubah perlahan maka ketidakpastian yang dihadapi masih dalam level rendah.

Beberapa contoh industri dengan:

  1. kompleksitas rendah dan perubahan lingkungan rendah adalah penyedia minuman botol soft drink.
  2. Kompleksitas rendah dan lingkungan berubah dengan cepat adalah e-commerce.
  3. Kompleksitas tinggi dan perubahan lingkungan rendah adalah universitas dan perusahaan asuransi.
  4. Kompleksitas tinggi dan perubahan lingkungan cepat adalah perusahaan penerbangan.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang 3 prinsip human relations yomemimo.com/tugas/50625463
  2. Materi tentang elemen psikologi yang bisa membiaskan proses komunikasi yomemimo.com/tugas/22639314
  3. Materi tentang perbedaan komunikasi organisasi pada khalayak dan khalayak pada organisasi yomemimo.com/tugas/24182617

Detail jawaban

Kelas: 11

Mapel: Sosiologi

Bab: Keanekaragaman Kelompok Sosial dalam Masyarakat Multikultural

Kode: 11.20.5

#AyoBelajar

#SPJ2

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Alvintaa dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 31 Jul 22