Quizz✨✨✨Jawab:-No Asal-Asal report-tolong dijawab kak biru cepat-Terima kasih yg udh

Berikut ini adalah pertanyaan dari DAFFA9908 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Quizz✨✨✨Jawab:
-No Asal
-Asal report
-tolong dijawab kak biru cepat
-Terima kasih yg udh jawab




Carilah informasi kerjasama ekonomi antar negara ASEAN! Tulislah empat kerjasama ekonomi tersebut!​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

1. Kerja Sama Bilateral

Kerja sama Bilateral adalah kerja sama yang dilakukan antar 2 negara, misalnya saja kerja sama antara Indonesia dan Singapura, kerja sama antara Amerika Serikat dan Arab Saudi, dan lainnya. Bentuk kerja sama ini memiliki tujuan untuk membina hubungan yang terjalin sebelumnya dan menjalin hubungan kerja sama dalam bentuk perdagangan. Contohnya saja, Indonesia telah menandatangani perjanjian mengenai ekonomi dan perdagangan yang terjalin di Asia Pasifik yang mana melibatkan 14 Negara yang tersebar di Afrika, Timur Tengah, Eropa Timur, Eropa Barat, dan Amerika Latin

2. Kerja Sama Regional

Merupakan bentuk kerja sama yang terjalin antara negara-negara yang berada dalam satu wilayah atau kawasan. Tujuan dari bentuk kerja sama ini adalah menciptakan perdagangan bebas di negara-negara pada kawasan tertentu.

Beberapa contoh dari bentuk kerja sama regional ini antara lain adalah:

ASEAN (Association of South East Asia Nations)

ASEAN atau perhimpunan bangsa-bangsa yang berada di kawasan Asia Tenggara yang terbentuk tanggal 8 Agustus 1967. Pembentukan ASEAN ini ditandai dengan adanya Deklarasi Bangkok yang mana ditandatangani oleh 4 menteri luar negeri serta 1 wakil perdana menteri.

APEC (Asia Pacific Economic Coorperation)

Merupakan bentuk kerja sama yang dilakukan di kawasan Asia Pasifik dalam bidang ekonomi. Kerja sama ini dicetuskan pertama kali oleh Bob Hawke, Mantan Perdana Menteri Australia. Kerja sama ini merupakan forum kerja sama bidang ekonomi terbuka, tidak mengikat, dan infromal namun tetap berjalan sesuai dengan aturan WTO dan perjanjian Internasional.

3. Kerja Sama Multilateral

Meurpakan bentuk kerja sama yang dilakukan oleh beberapa Negara-negara, dengan jumlah 2 ataupun lebih yang tidak dibatasi dengan kawasan ataupun wilayah. Sehingga kerja sama ini dapat dilakukan dalam satu kawasan maupun berbeda kawasan. Anggota dari kerja sama ini terdiri dari 2 kategori, yaitu anggota utama dan aktif. Yang dimaksud dengan anggota utama merupakan negara yang memiliki kekuatan menengah sedangkan untuk anggota aktif adalah negara-negara kecil yang memiliki peranan yang terbatas ataupun memiliki sedikit kekuatan dalam bidang internasional. Biasanya negara-negara yang masuk ke dalam aggota aktif sukarela untuk bergabung di dalam kerja samanya tersebut. Contoh dari bentuk kerja sama multilateral ini adalah PBB, OKI, WTO, dan lainnya.

4. Kerja Sama Internasional

Merupakan bentuk kerja sama yang dilakukan antar Negara-negara yang ada di seluruh dunia. Ada beberapa bentuk kerja sama pada bidang-bidang tertentu, antara lain adalah:

Dalam bidang ekonomi, mempunyai bentuk-bentuk kerja sama yang sangat penting dalam internasional sebagai berikut:

WTO (World Trade Organization), WTO memiliki tujuan untuk mendiskusikan serta memecahkan masalah perdangan yang terjalin antar Negara. Prinsip-prinsip dari WTO ini adalah liberasi perdagangan, non diskriminasi, serta stabilitas hubungan perdagangan

IMF (International Monetary Fund), adalah organisasi yang mana dapat memberikan pinjaman untuk negara-negara yang memang membutuhkan. Biasanya negara yang melakukan pinjaman adalah negara yang memiliki kondisi mata uang tidak stabil maupun tidak mampu membayar hutang. Tujuan dari pembentukan IMF ini adalah meningkatkan kestabilan keuangan Internasional.

OPEC (Organization Petrolium Exporting Countries), OPEC pertama kali didirkan oleh 5 negara yang mengekspor minyak terbesar yaitu Arab Saudi, Iran, Irak, Kuwait dan Venezuela pada tahun 1960. Tujuan dari organisasi ini adalah untuk memenuhi kebutuhan minyak yang ada di dunia, mengatur pemasaran minyak antara sesama negara pengekspor minyak.

Bidang militer dan pertahanan, mempunyai beberapa ikatan kerja sama yang penting sebagai berikut:

SEATO ( South East Asia Treaty Organization), Bentuk kerja sama ini didirkan oleh pakta militer yang mana memiliki tujuan untuk dapat mencegah pertumbuhan komunisme yang ada di Kawasan Asia Tenggara

NATO (North Atlantic Treaty Organization), pakta militer yang ada di atlantik utara yang mana memiliki tujuan untuk menghilangkan segala persengketaan di politik internasional, Tidak adanya ancaman militer yang terjadi di kalangan internasional, perselesaian sengketa dengan damai, membela negara-negara anggota.

KAA (Konferensi Asia Afrika), organisasi non blok yang berdiri pada 18-24 April 1955. KAA ini memiliki tujuan untuk menciptakan perdamaian serta ketentraman pada kehidupan Negara-negara yang berada di dalam kawasan Asia Afrika.

Penjelasan:

semoga membantu

maaf kalau salah

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh safirawindriaputri06 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 31 Jan 22