2 Budi memiliki rumah yang akan disewakan kepada Lina ,

Berikut ini adalah pertanyaan dari ptitdajb pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

2 Budi memiliki rumah yang akan disewakan kepada Lina , Lina sudah menyetujui harga yang ditetapkanoleh Budi satu bulannya sebesar 500 ribu rupiah secara lisan, lalu tanpa sepengetahuan Lina, satu bulan
kemudian Budi menyewakan rumahnya kepada oranglain tanpa sepengetahuan Lina.
a. Menurut saudara apakah perbuatan Budi ini sesuai dengan kebebasan berkontrak. Coba Anda
analisis!
b. Analisislah kebebasan dalam membuat kontrak dalam kasus diatas?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

a. Perlakuan yang dilakukan budi tersebut tidak sesuai dengan kebebasan berkontrak karena meskipun tidak ada kontrak tertulis, kontrak tetap legal.

b. Kebebasan dalam berkontrak dalam kasus di atas dilakukan oleh Budi tidak sesuai dengan peraturan dan etika yang ada yakni meskipun kontrak dilakukan lisan akan tetapi tetap bersifat legal, hanya saja kasus seperti ini sudah dipidanakan jika kemudian hari terjadi perselisihan karena tidak ada bukti tertulis.

Pembahasan :

Kontrak lisan adalah sebuah perjanjian yang telah disetujui kedua belah pihak secara lisan. Berbeda dengan kontrak tertulis, kontrak lisan tidak mada penjelasan detail mengenai ketentuan dan hal-hal yang telah disetujui dalam sebuah dokumen. Meskipun demikian, kontrak lisan tetap dianggap sah di mata hukum jika memenuhi syarat-syarat yang ada.

Syarat pembuatan kontrak diatur dalam Pasal 1320 KUHPerdata yang menyatakan bahwa, perjanjian dianggap sah dan mengikat para pihak jika memenuhi 4 syarat yaitu:

  • Sepakatnya kedua belah pihak untuk mengikat diri dalam perjanjian.
  • Kecakapan untuk membuat suatu perjanjian.
  • Terdapat suatu hal tertentu di dalam kontrak.
  • Terdapat suatu sebab yang halal, yaitu tidak melanggar hukum yang berlaku.

Salah satu asas hukum yang dianut dalam hukum perjanjian adalah “asas kebebasan berkontrak”, yang berarti setiap orang bebas untuk mengadakan suatu perjanjian yang memuat syarat-syarat perjanjian.

Pelajari selengkapnya pada :

Pelajari selengkapnya mengenai contoh studi kasus perjanjian kontrak, pada:

yomemimo.com/tugas/3830482

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh vaalennnnnn dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 31 Jul 22