4. Jelaskan mengenai penerimaan dan pengeluaran Negara!

Berikut ini adalah pertanyaan dari cellynvelerie pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

4. Jelaskan mengenai penerimaan dan pengeluaran Negara!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Penerimaan Negara adalah uang yang masuk ke Kas Negara. Pengeluaran Negara adalah uang yang keluar dari Kas Negara.

Penjelasan:

Berikut beberapa contoh dari penerimaan negara:

Sumber penerimaan dari barang-barang yang dikuasai atau milik pemerintah. Barang milik negara yang disewakan kepada pihak swasta, kemudian biaya sewanya masuk dalam kas negara.

Perusahaan yang melakukan monopoli dan oligopoli ekonomi. Salah satu sumber pendapatan negara non pajak adalah keuntungan BUMN. Perusahaan bisa bersifat monopoli berskala besar dan sebagian keuntungannya bisa disisihkan untuk pembiayaan negara.

Berikut pengeluaran rutin pemerintah di Indonesia:

Belanja pegawai, yaitu pengeluaran negara untuk keperluan gaji, tunjangan, uang makan, serta biaya lainnya untuk pegawai negeri.

Belanja barang yaitu pengeluaran negara untuk membeli barang yang digunakan oleh negara untuk penyelenggaraan pemerintah.

Belanja rutin daerah yaitu pengeluaran negara untuk belanja pegawai dan non pegawai pemerintah.

Bunga dan cicilan utang, pengeluaran pemerintah untuk membayar bunga dan cicilan pokok pinjaman baik dari dalam maupun luar negeri.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh branly5698887 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 31 Jul 22