Kegiatan ekonomi apa yang menonjol di kepulauan Banda

Berikut ini adalah pertanyaan dari bagussugiarto909 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Kegiatan ekonomi apa yang menonjol di kepulauan Banda

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Hari ini kita mengenal rempah pala melalui pelbagai hasil olahannya, seperti es buah pala, manisan pala, keripik pala, sirup pala dan masih banyak lagi. Namun, di masa lampau, pala tidak sesederhana apa yang bisa kita lihat dan rasakan sekarang. Tanaman yang menghasilkan fuli ini juga turut memiliki sejarah dengan menjadikan pulau penghasilnya tujuan singgah dari banyak bangsa di dunia untuk datang hingga membuat rute yang disebut sebagai Jalur Rempah.

Sekilas Sejarah Kepulauan Banda

Saat ini, kepulauan Banda meliputi 11 pulau, tetapi hanya 7 pulau yang dihuni dan ditanami pohon pala, sedangkan 4 pulau lainnya dipenuhi batu karang yang tidak dapat dihuni dan ditanami tumbuhan. Kekhasan kepulauan ini juga ditandai dengan tidak adanya aliran sungai. Kepulauan penghasil pala ini, baik latar depan maupun latar belakang, berhadapan dengan selat, teluk dan laut terbuka. Laut Banda merupakan laut biru kelam yang memiliki Palung dengan kedalaman mencapai 7.400 meter hasil dari pertemuan tiga lempeng kulit bumi, yaitu lempeng Eurasia, lempeng Indo-Australia, dan lempeng Pasifik.

Kepulauan Banda yang terletak pada posisi: 5°43 – 6°31 Lintang Selatan dan 129°44 -130°04 Bujur Timur ini mengalami iklim laut tropis dan iklim musim karena dikelilingi laut yang luas, sehingga iklim laut di daerah ini berlangsung seirama dengan iklim musim yang ada.

Meskipun dikenal sebagai satu-satunya penghasil pala hingga abad 18, Kepulauan Banda merupakan daerah yang produksinya tidak berbasis pada pertanian. Selain rempah-rempah, buah kelapa, dan beberapa jenis buah lain, bahan makanan termasuk garam tidak diproduksi di Banda. Untuk kebutuhan sehari-hari, masyarakatnya bergantung dari pasokan produksi bahan makanan dari kepulauan lain.

Meskipun begitu, Kepulauan Banda tetap tidak kehilangan pesonanya melalui tanaman pala. Tanaman yang bisa hidup berkelanjutan dari angin dan curah hujan serta iklim di kepulauan Banda ini juga sekaligus membuat masyarakat Kepulauan Banda mampu bertahan dari hasil rempahnya. Melalui rempah pala ini, selain sebagai bahan tukar kebutuhan pokok masyarakatnya, juga menghadirkan banyak hal lain, misalnya dalam proses terbentuknya jalur perdagangan, hadirnya asimilasi budaya yang masih terasa sampai sekarang, dan menjadikan kepulauan ini menjadi berbagai kajian, riset hingga beralih wahana menjadi film.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh kayyis70 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 06 Jan 22