3. Setiap aset yang dimiliki oleh suatu badan atau instansi

Berikut ini adalah pertanyaan dari romihalada pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

3. Setiap aset yang dimiliki oleh suatu badan atau instansi pemerintah perlu diinventarisasi. Jelaskan apayang dimaksud dengan inventarisasi aset dan tujuan pelaksanaannya!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Pengertian inventarisasi aset serta tujuan pelaksanaan adalah pencatatan serta penyusunan barang dan aset. Lalu untuk salah satu tujuan pelaksanaanya yaitu untuk memudahkan mencari barang dan aset.

Penjelasan:

Asas sentralisasi adalah penyelenggaraan pengelolaan arsip bagi seluruh organisasi yang pusatnya merupakan satu kesatuan, khususnya Pusat Kearsipan. Dengan demikian, unit lain tidak mengelola dan menyimpan dokumen arsip. Sedangkan desentralisasi merupakan kebalikan dari sentralisasi dimana desentralisasi adalah proses mendorong  pengambilan keputusan ke atas hierarki organisasi. Desentralisasi memberi bawahan lebih banyak tanggung jawab dan kekuatan  untuk membuat dan mengimplementasikan keputusan. Beberapa ahli berpendapat bahwa harus ada keseimbangan yang tepat antara sentralisasi dan desentralisasi dalam  manajemen atau organisasi. Sebuah organisasi tidak dapat dipusatkan atau didesentralisasikan sepenuhnya, tetapi harus ada kecocokan antara dua faktor ini tergantung pada ukuran, sifat dan lokasi organisasi atau bisnis.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut materi tentang inventaris: yomemimo.com/tugas/2376415

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh grahatama dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 31 Jul 22