metode penyimpanan hasil pertanian di beberapa negara kak mohon bantuannya

Berikut ini adalah pertanyaan dari ferdinaferdina1122 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Metode penyimpanan hasil pertanian di beberapa negara kak mohon bantuannya segera minimal 5 negara?​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

metode penyimpanan hasil pertanian di beberapa negara adalah menggunakan beberapa metode seperti pendinginan, pelapisan, kimia

Pembahasan

Beberapa cara yang dapat diterapkan antara lain

  1. Pendinginan, New Zealand Australia, Jepang, Tiongkok, Norwegia mengirimkan bahan pertanian. Penyimpanan dengan cara pendinginan merupakan salah satu cara menyimpan produk dalam ruangan yang bersuhu rendah. Suhu yang rendah tersebut diharapkan dapat menekan kegiatan penuaan maupun kegiatan mikroba perusak. Kondisi yang harus dipertimbangkan dalam penyimpanan bersuhu rendah adalah suhu, kelembaban, komposisi udara, dan tekanan. Penyimpanan di bawah suhu 15 derajat C dan di atas titik beku bahan dikenal sebagai penyimpanan dingin (chilling storage)
  2. Membungkus menggunakan polietilen digunakan untuk memperlambat pematangan sayuran buah. Memasukkan sayuran buah dalam kantong plastik dengan ketebalan sekitar 0,02 mm (kantong plastik biasa), lalu diikat rapat-rapat dan dilubangi pada permukaan plastik dengan peniti atau jarum pentul sebanyak 4-5 lubang. Sayuran disimpan dalam suhu ruang dan proses pematangannya dapat ditunda sekitar 3 hari dari kondisi normal. Tiongkok, Australia,New Zealand melakukan hal ini untuk kentang.
  3. Penambahan bahan kimia. Penyimpanan komoditas hasil pertanian biasanya juga dikombinasikan dengan berbagai upaya pengawetan/tindakan pencegahan kerusakan.
  4. Pelilinan,
  5. KMnO4,
  6. samper fresh,
  7. CaCl2

Pelajari lebih lanjut mengenai materi penyimpanan logistik pada

yomemimo.com/tugas/12838912?utm_source=android&utm_medium=share&utm_campaign=question

#BelajarBersamaBrainly

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh unknown dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 13 Jan 22