2 Jelaskan investasi ekonomi rakyat perlu mendapatkan fasilitas yang memadai

Berikut ini adalah pertanyaan dari naningmaharani566 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

2 Jelaskan investasi ekonomi rakyat perlu mendapatkan fasilitas yangmemadai dari dari pemerintah?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Investasi ekonomi rakyat perlu mendapatkan fasilitas yang layak dari pemerintah karena beberapa alasan.

  1. Perekonomian menyerap  tenaga kerja yang besar dan menggunakan sumber daya alam lokal.
  2. Perekonomian nasional berperan penting dalam ekspor nonmigas.
  3. Menurut hasil perhitungan PJPT I, puncak piramida ekonomi masih ditempati oleh korporasi-korporasi besar, sehingga perlu serius mengembangkan perekonomian nasional.

Pembahasan

Melihat distribusi investasi di suatu negara, angka-angka yang tersedia menunjukkan tingkat ketimpangan yang tinggi, yang menunjukkan konsentrasi investasi di suatu wilayah tertentu. Hal ini tidak terlepas dari  sentralisasi politik masa lalu. Perubahan konsentrasi investasi menuju diversifikasi daerah tidak dapat dicapai dalam waktu singkat. Ini ada hubungannya dengan pesona (atau "kekuatan") dari suatu daerah tertentu yang telah diciptakan sejak zaman kuno. Biro Pusat Alokasi Sumber Daya Perekonomian yang ada memunculkan persoalan ketimpangan dan ketidakpuasan dalam pemerataan perimbangan antar daerah dan meminta perhatian lebih kepada daerah selain Jawa, khususnya Indonesia bagian timur. Peningkatan pendanaan di suatu wilayah, khususnya  Jawa, telah menyebabkan pesatnya perkembangan berbagai sektor di wilayah tersebut. Berbagai infrastruktur yang dibangun menarik investor baik  domestik maupun asing untuk berinvestasi di daerah yang daya beli penduduknya relatif tinggi dan infrastrukturnya relatif lengkap.

Kebijakan investasi yang digariskan oleh pemerintah tidak menciptakan lingkungan yang menguntungkan bagi  investasi dalam perekonomian nasional. Pemerintah belum membuat regulasi yang mendorong masyarakat untuk berinvestasi. Selama ini pelaku ekonomi rakyat masih kesulitan mendapatkan dukungan permodalan dari perbankan dan pemerintah, serta kebijakan kemitraan yang belum berubah secara signifikan.

Pelajari Lebih Lanjut

Detail Jawaban

Kelas : 11

Mapel : Ekonomi

Bab : Pasar Modal

Kode : -

#AyoBelajar #SPJ2

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mhamadnoval1 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 15 Aug 22