1 Kajian secara ilmiah dan sistematik tentang administrasi diawali dengan

Berikut ini adalah pertanyaan dari omayrodon86 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1 Kajian secara ilmiah dan sistematik tentang administrasi diawali dengan konsep manajemen ilmiah(scientific Management) yang dipelopori oleh F.W Taylor, dengan studinya yang berjudul ’Time and Motion
Study” dan hasil penelitian tersebut dituangkan dalam bukunya yang berjudul ”The Principles of Scientific
Management”.
a. Jelaskan secara singkat Time and Motion Study tersebut, baik dilihat dari subjek maupun objek
penelitian!
b. Solusi apa yang ditawarkan oleh Taylor untuk meningkatkan produktivitas kerja para pekerja dan
perusahaan! Jelaskan!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

a. Time and Motion study adalah sebuah teknik untuk efisiensi bisnis yang dikembangkan oleh Taylor. Dalam study ini dijelaskan bahwa studi waktu diarahkan pada perkembangan penetapan waktu standar. Sedangkan studi gerak merupakan suatu metode untuk meningkatkan metode kerja.

b. Solusi yang ditawarkan oleh Taylor adalah dengan melakukan Time and Motion Study sehingga dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan pada pekerjaan yang dapat diperbaiki oleh para pekerjanya. Langkah yang dilakukan sesuai dengan arahan pada studi waktu.

Pembahasan :

Time and Motion study adalah sebuah teknik untuk efisiensi bisnis yang dikembangkan oleh Taylor. Dalam study ini dijelaskan bahwa studi waktu diarahkan pada perkembangan penetapan waktu standar. Sedangkan studi gerak merupakan suatu metode untuk meningkatkan metode kerja. Penggabungan kedua studi ini biasanya digunakan untuk peningkatan dan perbaikan sistem kerja. Teknik time and motion biasanya diterapkan pada bank, sekolah dan rumah sakit.

Studi waktu dilakukan dengan cara pengamatan dan perhitungan menggunakan alat pengukur waktu. Sehingga hasilnya berupa angka atau hasil kuantitatif.

Langkah penentuan dengan Studi waktu adalah sebagai berikut :

  • Penetapan tujuan studi yang dilakukan
  • Mendesain desain eksperimental
  • Proses pengumpulan data waktu
  • Proses menganalisis data
  • Pelaporan hasil studi waktu

Studi gerak dilakukan dengan pengamatan gerakan kerja yang dilakukan oleh para pekerja. Dalam studi ini diharapakan dapat merekam semua pekerjaan oleh pekerja sehingga mengetahui kinerja dan bagain kekurangan yang perlu diperbaiki dalam pelaksanaan kerja.

Pelajari selengkapnya pada :

Pelajari selengkapnya mengenai tutorial stop motion, pada:

yomemimo.com/tugas/345808

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh vaalennnnnn dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 15 Aug 22