Terangkanlah apakah itu fungsi bank umum di indonesia

Berikut ini adalah pertanyaan dari RyanPanjaitan91451 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Terangkanlah apakah itu fungsi bank umum di indonesia

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Fungsi dari Bank umum adalah menghimpun dana dari masyarakat dengan membuka berbagai produk simpanan seperti tabungan, giro, deposito atau bentuk simpanan lainnya. Dengan adanya produk-produk tersebut masyarakat bisa memiliki tempat penyimpanan uang yang lebih aman dan terpercaya.

Pembahasan:

Bank umum merupakan lembaga keuangan yang mengumpulkan dana dari masyarakat berupa simpanan ataupun tabungan yang kemudian disalurkan kembali untuk masyarakat melalui pinjaman atau kredit. Tidak hanya itu bank umum juga menawarkan layanan terkait pembayaran dan peredaran uang dalam masyarakat. Contoh bank umum yang ada di Indonesia antara lain BNI, BRI, Bank Danamon, BCA dan lainnya. Keistimewaan bank umum adalah dapat menciptakan tabungan yang sewaktu-waktu dapat diambil dengan cek atau giro dan dapat menciptakan daya beli baru dalam perekonomian atau uang giral. Adapun ciri-ciri dari bank umum jika dilihat dari kegiatan yang dilakukan:

  • Menghimpun dana masyarakat dalam bentuk giro, deposito berjangka, tabungan, sertifikat deposito.
  • Memberikan kredit.
  • Menerbitkan surat pengakuan utang.
  • Menerima pembayaran.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut materi tentang fungsi bank umum dan bank sentral yomemimo.com/tugas/2448135

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh equivocactor dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 15 Aug 22