1 Dalam wacana dijelaskan bahwa fenomena penggunaan kampanye hitam dan penyebaran

Berikut ini adalah pertanyaan dari unknown pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1Dalam wacana dijelaskan bahwa fenomena penggunaan kampanye hitam dan
penyebaran berita bohong untuk mempengaruhi masyarakat diprediksi akan
banyak bermunculan di media social menjelang Pileg dan Pilpres 2019. Coba
Anda analisis kasus tersebut dengan menggunakan pendekatan Teori
Komunikasi Agenda Setting. Dalam mengerjakan soal, tahapan yang Anda
lakukan adalah sebagai berikut:
a. Jelaskan terlebih dahulu pengertian teori Agenda Setting.
b. Selanjutnya, analisislah kasus kemungkinan munculnya kampanye hitam
dan penyebaran berita bohong di media sosial menjelang Pileg dan
Pilpres 2019 dengan menggunakan teori tersebut.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Fenomena kampanye hitam dan penyebaran berita bohong untuk mempengaruhi masyarakat diprediksi bakal banyak bermunculan. Dalam teori agenda setting, media memiliki peran yang sangat besar dalam menyaring informasi. Hal ini tergantung pada ideologi setiap media. Hal ini membuat apa yang penting bagi media massa menjadi sesuatu yang penting bagi masyarakat.

Maka mengenai wacana di atas, jika media tidak melakukan penyaringan informasi dengan baik dan benar tentu akan diterima mentah-mentah oleh masyarakat. Ditambah lagi dengan kepentingan mendukung salah satu pihak, masyarakat dengan mudahnya tidak menyaring informasi yang muncul di media massa terutama yang menjatuhkan pihak lawan. Dalam hal ini kebenaran menjadi sesuatu yang mahal. Maka media massa sebagai penyaring berita dan memiliki efek yang besar harus bisa menyaring informasi dan memberitakannya dengan netral.

Pembahasan

Berikut beberapa pengertian teori agenda setting dari para ahli:

  • Maxwell dan Donald L. Shaw: media massa memiliki kemampuan melakukan transfer hal yang menonjol pada sebuah informasi kepada publik. Sehingga media mampu membuat apa yang penting baginya, menjadi penting bagi masyarakat.
  • Bernard C. Cohen: media massa merupakan pusat penentuan kebenaran dan kemampuan media massa mentransfer kesadaran dan informasi kepada agenda publik dengan mengarahkan kesadaran dan perhatian publik kepada isu yang dianggap penting oleh media.
  • Stephan W Littlejohn dan Karen A Foss: Media massa membentu isu yang penting karena media harus selektif dalam melaporkan berita. Sehingga media sebagai penjaga gerbang informasi.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi keberadaan sebuah media massa yomemimo.com/tugas/22748465

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Alvintaa dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 15 Aug 22