4 Konsep laba bisa dipandang dari sudut pandang ekonomi dan

Berikut ini adalah pertanyaan dari mohamadprayitno414 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

4 Konsep laba bisa dipandang dari sudut pandangekonomi dan akuntansi. Lakukan evaluasi terhadap
laba dari dua sudut pandang tersebut! Jelaskan!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Laba dapat dilihat dari 2 sisi yakni sisi ekonomi dan juga sisi akuntansi. Laba dari sisi ekonomi merupakan hasil keuntungan bersih dari penanaman modal. Sedangkan dari sisi akuntansi, laba adalah hasil real keuntungan yang diperoleh dari transaksi pada periode tertentu dengan bbiayayang dikeluarkan untuk mendapatkan nya.

Pembahasan :

Laba dari sisi ekonomi merupakan hasil keuntungan bersih dari penanaman modal. Atau dapat diartikan hasil penanaman modal dikurangi dengan biaya yang berhubungan dengan penanaman modal tersebut.

Sifat-sifat laba ekonomi adalah sebagai berikut :

  1. Physical Income, konsumsi barang dalam bentuk fisik yang akan memberikan kesenangan fisik ketika kebutuhannya terpenuhi. Laba jenis ini tidak dapat diukur.
  2. Real Income, perasaan puas yang terjadi karena kesenangan fisik dari keuntungan yang diukur dari pembayaran uang yang dilakukan untuk membeli barang atau jasa. Ukuran yang digunakan adalah biaya hidup (cost of living).
  3. Money Income, uang yang digunakan dalam pemenuhan kebutuh hidup yang dilakukan.

Laba dari sisi akuntansi merupakan perhitungan perbedaan penghasilan real dari transaksi perusahaan pada periode tertentu dikurangi dengan biaya yang untuk mendapatkan penghasilan tersebut.

Sifat-sifat laba akuntansi adalah sebagai berikut :

  • Dasar dari laba akuntansi adalah proses transaksi yang terjadi yang ditandai dengan ttimbulnya pendapatan dan biaya untuk mendapatkan pendapatan tersebut.
  • Laba akuntansi merupakan prestasi perusahaan dalam bidang keuangan pada periode tertentu.
  • Dari segi akuntansi,laba memerlukan pengukuran dan pengakuan karena bersifat revenue.
  • Dasar prinsip laba akuntansi adalah “matching” yang artinya adalah perhitungan hasil pendapatan dikurangi biaya yang dikeluarkan dalam periode yang sama.

Pelajari selengkapnya pada :

Pelajari selengkapnya mengenai perbedaan laba akuntansi dan ekonomi, pada:

yomemimo.com/tugas/8714355

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh vaalennnnnn dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 15 Aug 22