Sistem pembayaran di suatu negara memegang peranan penting dalam perkembangan

Berikut ini adalah pertanyaan dari riskiamaga22 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Sistem pembayaran di suatu negara memegang peranan penting dalam perkembangan Perekonomian. dalam pelaksanaannya Bank Indonesia membuat peraturan-peraturan yang mendukung kelancaran sistem pembayaran misalnya transfer dana dalam hal ini Bank Indonesia berperan sebagai

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Sistem pembayaran dalam suatu negara memegang peranan penting dalam perkembangan perekonomian. Bank Indonesia membuat peraturan-peraturan yang mendukung kelancaran sistem pembayaran, salah satunya mengenai transfer dana. Berdasarkan pernyataan tersebut, Bank Indonesia memenuhi peran nya sebagai Regulator.

Penjelasan:

Dalam Undang-Undang Nomor 23 tahun 1999tentangBank Indonesia, Bank Indonesiamemilikikewenangan untuk menetapkan kebijakan, mengatur, melaksanakan, memberi persetujuan, perizinan, dan pengawasan atas penyelenggaraan sistem pembayaran.

Berdasarkan Undang-Undang tersebut, Bank Indonesiamemilikilima perandalamsistem pembayaran, diantaranya:

1. Regulator

Bank Indonesiasebagairegulator atau penetap kebijakan mengeluarkan peraturan-peraturanuntuk mendukung kelancaransistem pembayaran. Salah satunya Peraturan Bank Indonesia (PBI) Nomor 14/23/PBI/2012 tentang Transfer Dana.

2. Perizinan

Bank Indonesiaberperan sebagaipemberi izinterhadap pihak-pihak yang terlibat dalampelaksanaan sistem pembayaran. Dalam hal ini, lembaga yang akan melakukan kegiatan transfer dana, mengeluarkan alat pembayaran menggunakan kartu (APMK), serta uang elektonik (e-money)harus mengajukan izin keBank Indonesia terlebih dahulu.

3. Pengawasan

Bank Indonesiaberperan sebagaipengawas terhadap proses pembayaran maupun aktivitas pelaku yang terlibat dalam sistem pembayaran demi berjalannya kegiatan pembayaran dengan baik.

4. Operator

Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (BI-RTGS) dan Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) merupakan layanan sistem pembayaran yang disediakan oleh Bank Indonesia. Bank Indonesiajuga menyediakan layanan sarana penatausahaan dan setelmen surat berharga untukBank Indonesia Scripless Securities Settlement System (BI-SSSS).

5. Fasilitator

Bank Indonesiasebagaifasilitator menyediakan fasilitas pengembangan sistem pembayaran untuk industri yang bergerak dalam bidang jasa keuangan untuk menciptakan penyelenggaraan sistem pembayaran yang aman dan efisien.

Pelajari lebih lanjut:

  1. Perbedaan Bank dan Lembaga Keuangan Bukan Bank: yomemimo.com/tugas/74347
  2. Pengelolaan Uang Rupiah oleh Bank Indonesia: yomemimo.com/tugas/9527339

----------------------------------------------------------        

Detail jawaban  

Kelas: 10

Mapel: Ekonomi

Bab: Bab 5 - Lembaga Jasa Keuangan dalam Perekonomian Indonesia

Kode: 10.12.5

#AyoBelajar

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh sailasyafifap5lytz dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 11 May 22