Tugas 2 Saudara mahasiswa, pada modul 5 disampaikan materi tentang media

Berikut ini adalah pertanyaan dari irwanprasetyo368 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Tugas 2Saudara mahasiswa, pada modul 5 disampaikan materi tentang media komunikasi yang meliputi media tradisional, media konvensional dan media baru (new Media). Berikanlah contoh pemanfaatan dari tiga media tersebut di era mayarakat modern saat ini ?. Thapan dalam mengerjakan tugas:

Jelaskan terlebih dahulu pengertian dari masing-masing media tersebut
Selanjutnya, berikan pendapat Anda tentang pemanfaat tiga media tersebut di era modern saat ini, dan berikan contohnya dari hasil pengalaman Anda sendiri atau hasil pengamatan Anda pada lingkungan sekitar Anda

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Tugas 2: Media komunikasi meliputi media tradisional, media konvensional dan media baru. Berikut masing-masing pengertian dari ketiga jenis media tersebut:

  • Media tradisional: alat komunikasi yang ada sebelum adanya teknologi. Biasanya media tradisional ini digunakan oleh kelompok masyarakat lokal yang memiliki kesamaan latar belakang. Sehingga pengirim dan penerima pesan terkesan memiliki hubungan yang intim. Contoh dari media tradisional adalah pantun, ketoprak dan ludruk.
  • Media konvensional: alat komunikasi yangs sering kita temui dan memiliki karakteristik untuk mengirim dan menerima informasi kepada pasayarakat luas, maka sering disebut sebagai media komunikasi massa. Contohnya: koran, radio dan televisi.
  • Media baru: media yang sangat bergantung pada layanan internet. Di mana kontrol tidak lagi pada produsen pesan, melainkan pihak si penerima pesan. Contoh: instagram, berita online.

Pembahasan

Pemanfaatan media-media tersebut saat ini:

Media tradisional

Dilihat dari pengertiannya dan disesuaikan dengan kondisi saat ini, media tradisional memiliki nilai seni yang tinggi. Sehingga saat ini pertunjukan pantun, pembacaan puisi, ketoprak dan ludruk menjadi ajang pertunjukan seni. Salah satunya adalah Ramayana Ballet di Candi Prambanan

Media Konvensional

Media ini masih digunakan oleh generasi baby boomers dan sebelumnya di saat ini. Rata-rata digunakan untuk menonton tayangan berita atau serial yang mereka suka.

Media baru

Digunakan untuk mencari informasi terkini yang viral. Melalui media ini juga sering informasi disampaikan lebih cepat dibandingkan media konvensional.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang perbedaan media massa dan media sosial yomemimo.com/tugas/8338992

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Alvintaa dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 15 Aug 22