Sumber pembelanjaan dalam kegiatan usaha dapat diperoleh dari

Berikut ini adalah pertanyaan dari sofiaqasanah8408 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Sumber pembelanjaan dalam kegiatan usaha dapat diperoleh dari

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Sumber pembelanjaan merupakan salah satu sumber modal yang umumnya digunakan oleh suatu perusahaan untuk melaksanakan kegiatan pada perusahaan tersebut. Sumber pendanaan atau pembelanjaan dapat terdiri dari pinjaman atau hutang dan modal sendiri. Apabila semakin besar perusahaan tentunya akan membutuhkan sumber pembelanjaan yang lebih banyak juga untuk mendukung kegiatan pengoperasian pada suatu perusahaan.

Pembahasan :

Berdasarkan modalnya sumber pembelanjaan dapat dibagi menjadi berikut:

  • Intern yaitu modal atau dana yang dibentuk atau dihasilkan sendiri didalam perusahaan seperti akumulasi penyusutan (Depresiasi) perusahaan yang berasal dari laba yang ditahan                    (Retained Net Profit).
  • sumber ekstern yaitu dana – dana yang sumbernya dari luar perusahaan adalah dana yangberasal dari para kreditur dan pemilik, peserta atau pengambil bagian dalam perusahaan. Modal yang berasal dari para kreditur merupakan hutang bagi perusahaan yang bersangkutan dan dana ini disebut “modal asing” atau pembelanjaan asing atau pembelanjaan dengan hutang                     (Debt Financing)
  • Dana pemilik, peserta atau pengambil bagian didalam perusahaan adalah merupakan suatu alokasi dana yang akan menjadi dana tetap dalam perusahaan atau disebut dengan “modal sendiri” atau biasa disebut (Equity Financing).

Jenis-jenis Sumber Pembelanjaan                                                    

Menurut waktu sumber pembelanjaan dapat dibagi sebagai berikut:

  • Sumber Pendanaan Jangka Pendek                                     Umumnya sumber pembelanjaan jenis ini banyak dipakai untuk modal kerja. dengan periode akuntansi kurang lebih 1 tahun.
  • Sumber Pendanaan Jangka Menengah                                         Biasanya ini didapatkan melalui perusahaan leasing, equipment loan atau term loan. Dengan jangka waktu pengembalian tidak boleh lebih dari 5 tahun.
  • Sumber Pendanaan Jangka Panjang                                         sumber pembelanjaan jangka panjang biasanya digunakan oleh perusahaan untuk melakukan kegiatan pengembangan dengan waktu pengembalian dana yang tentunya lebih lama

Aspek dana perusahaan dapat dibagi menjadi :

  • Sumber Pembelanjaan Internal                                                    Umumnya sumber pembelanjaan ini didapatkan dari laba yang tidak terbagi atau beberapa lainnya menyebut dengan “laba yang ditahan”. dan juga dapat berasal dari dana cadangan perusahaan
  • Sumber Pembelanjaan Eksternal                                                            berasal dari eksternal biasanya didapat perusahaan dari modal pribadi pemilik perusahaan, pemegang saham, kreditur (bank atau penjual), obligasi, hipotik, kredit negara dan asuransi.
  • Sedangkan untuk sumber pembelanjaan yang didapatkan saham pada awalnya memang dikategorikan sebagai sumber eksternal. Tapi akan dijadikan sumber pembelanjaan internal ketika sudah mendapat laba

Pelajari Lebih Lanjut

Pelajari lebih lanjut materi tentang sumber dana pembelanjaan yomemimo.com/tugas/10717366

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh equivocactor dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 15 Aug 22