Perbedaan prinsip antara bank sentral dan bank komersil

Berikut ini adalah pertanyaan dari prawiraedo7814 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Perbedaan prinsip antara bank sentral dan bank komersil

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Bank sentral dan bank komersil memiliki perbedaan prinsip, yaitu bank sentral memiliki prinsip untuk menjaga kestabilan nilai rupiah. Sedangkan bank komersil atau bisa juga disebut bank umum berprinsip untuk menerima deposito dan pinjaman usaha serta produk-produk investasi dasar.

Pembahasan:

Menurut UU RI No.3 Tahun 2003 mengenai perubahan atas Undang-Undang RI Nomor 23 Tahun 1999 tentang Bank Indonesia, bank sentral di Indonesia adalah Bank Indonesia. Bank Indonesia merupakan lembaga independen dalam melaksanakan wewenang serta tugasnya tanpa adanya campur tangan pemerintah maupun pihak lain. Sebagai bank sentral, Bank Indonesia menjaga kestabilan rupiah dengan dua aspek, yaitu kestabilan mata uang terhadap negara lainsertakestabilan harga terhadap barang dan jasa.

Terdapat beberapa perbedaan mendalam antara bank sentral dan bank komersil, di antaranya:

  1. Bank sentralmemiliki hak untukmemproduksi alat pembayaran yang sah, sedangkan bank umum (bank komersil) tidak memiliki wewenang untuk memproduksi uang.
  2. Bank sentral tidak memberikan fasilitas pinjaman kepada orang umum layaknya bank pada umumnya, namun memberikan pinjaman kepada bank-bank lain.

Pelajari lebih lanjut:

Pelajari lebih lanjut mengenai bakn sentral dan bank komersil yomemimo.com/tugas/48997399

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh equivocactor dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 15 Aug 22