5 Jelaskan apa itu privatisasi dan sebutkan tujuan serta lima

Berikut ini adalah pertanyaan dari naningmaharani566 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

5 Jelaskan apa itu privatisasi dan sebutkan tujuan serta lima prinsip dasar
privatisasi

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Privatisasi merupakan bentuk akuisisi perusahaan publik oleh beberapa investor besar  Indonesia. Akibatnya, saham perusahaan yang dijual  tidak lagi beredar di pasar modal. Privatisasi bertujuan untuk menumbuhkan sumber-sumber pendanaan baru, sumber Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), dalam rangka pertumbuhan nasional, dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengendalian. Lima prinsip dasar yang ada dalam privatisasi, yaitu transparansi, kemandirian, akuntabilitas, pertanggungjawaban, kewajaran, dan prinsip harga terbaik dengan memperhatikan kondisi pasar.

Pembahasann:

Dalam pelaksanaannya, tidak hanya mempertimbangkan aspek keuangan  jangka pendek, tetapi juga dampak privatisasi jangka panjang di masa depan bagi masyarakat dan bangsa di masa depan. Beberapa dampak privatisasi adalah

  1. Redistribusi kekayaan. Salah satu konsekuensi dari privatisasi adalah distribusi kekayaan yang tidak merata di masyarakat. Sebab, pemerintah hanya menjual saham  kepada kalangan atas  sehingga memperlebar jurang pemisah antara kelas atas dan bawah.
  2. Kehilangan pekerjaan. Privatisasi memiliki kebijakan khusus untuk mengurangi biaya operasional dan meningkatkan keuntungan. Salah satu cara yang sering dilakukan oleh perusahaan swasta baru adalah dengan mengurangi jumlah karyawan melalui pemutusan hubungan kerja (PHK).
  3. Transparansi yang menurun. Salah satu konsekuensi utama dari privatisasi adalah berkurangnya transparansi pengelolaan keuangan perusahaan kepada masyarakat umum. Hal ini dapat menyebabkan  korupsi yang lebih besar setelah  privatisasi.

Pelajari lebih lanjut:

Pelajari lebih lanjut materi tentang privatisasi, pada: yomemimo.com/tugas/12378324

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mhamadnoval1 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 15 Aug 22