1 Langkah awal dari fungsi perencanaan SDM adalah analisis jabatan.

Berikut ini adalah pertanyaan dari sandynayoa52 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1 Langkah awal dari fungsi perencanaan SDM adalah analisis jabatan. Kegunaan informasi apa sajayang diperoleh dari analisis jabatan sehingga hal ini penting dilakukan dalam proses perencanaan
SDM?
2 Salah satu alternatif perekrutan yang banyak dipilih perusahaan adalah outsourcing. Outsourcing
adalah proses mengupah penyedia tenaga kerja eksternal untuk melakukan pekerjaan yang
sebelumnya dilakukan secara internal (Mondy, 2008). Jelaskan apa saja keuntungan dan kerugian
outsourcing dalam perekrutan karyawan bagi perusahaan!
3 Evaluasi Jabatan adalah proses formal yang dengan proses tersebut nilai reltif dari berbagai macam
Jabatan ditentukan untuk tujuan pengupahan. Program evaluasi Jabatan konvensional merupakan
kombinasi dari empat metode dasar, yaitu ranking Jabatan, klasifikasi Jabatan, poin, dan perbandingan
factor. Jelaskan masing-masing metode tersebut!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Dalam Perencanaan Sumber Daya Manusia langkah awal yang wajib diperhatikan dalam meningkatkan keutamaan kompetitif organisasi atau perusahaan dalam meningkatkan keterampilan manusia di dalam organisasi atau perusahaan.

Salah satu komponen penting dalam Manajemen Sumber Daya Manusia  yakni, perekrutanataurekrutmen pegawai. Rekrutmen pegawai yang tepat dengan menempatkan The Right Man on The Right Place at The Right Time akan menjadi faktor pendorong meningkatkan kinerja organisasi atau perusahaan.

Evaluasi jabatan merupakan suatu prosedur pelaksanaan dalam mengklasifikasikan pekerjaan dengan menentukan standar nilai relatifnya, evaluasi jabatan yakni proses pemberian nilai terhadap suatu posisi pekerjaan, apakah sudah baik dan efektif pekerjaannya.

Pembahasan:

1. Kegunaan atau Manfaat dari Analisis Jabatan dalam proses Perencanaan SDM antara lain:

  • Mencegah konflik yang terjadi dalam sebuah tim kerja (Contoh: tanggung jawab yang tumpang tindih, dan saling melempar tanggung jawab.
  • Mempermudah Penilaian Kinerja karyawan , membantu perusahaan dengan mudah menentukan target atau standar pekerjaan.
  • Mendapatkan kandidat rekrutmen yang tepat , dengan Analisis jabatan dengan bobot kerja dan pekerjaan yang jelas, perusahaan akan dapat dengan mudah merekrut kandidat karyawan yang tepat.

2. Outsourcing (pengalihdayaan) adalah penggunaan tenaga kerja yang berasal dari pihak ketiga (perusahaan outsource) untuk dapat menyelesaikan pekerjaan yang sudah ditentukan.

Kelebihan Outsourcing bagi perusahaan antara lain:

  • Mengurangi biaya perekrutan, karena langsung dilakukan oleh perusahaan outsource.
  • Mengefisiensi anggaran untuk pelatihan karyawan
  • karyawan dapat fokus dengan proyek atau pekerjaan utama perusahaan.

Kekurangan Outsourcing bagi perusahaan antara lain:

  • Resiko informasi rahasia perusahaan bocor kepada kompetitor.
  • Jangka waktu kontrak dengan outsource singkat.
  • Perusahaan akan bergantung kepada tenaga kerja outsource.

3. Evaluasi Jabatan merupakan suatu metode analisis dalam memberlakukan pembobotan nilai untuk sebuah posisi pekerjaan. Tiap tugas dari masing-masing posisi pekerjaan akan dikonversikan ke dalam nilai poin.  

  • Ranking Jabatan  Membuat perbandingan semua Jabatan yang ada dalam perusahaan, dengan mereviu syarat kemampuan, daya kerja (effort secara fisik dan mental), Tanggung jawab pekerjaan dan kondisi pekerjaan dengan membuat hirarki atau level.  
  • Klasifikasi Jabatan  Menempatkan Jabatan-jabatan dengan Grade atau Kategori yang menjadi standar kemudian dievaluasi apakah sudah sesuai, proses dilakukan secara kontinu sampai benar-benar sesuai.
  • Sistem poin Memberikan Poin yang sudah ditentukan terhadap karyawan dalam Faktor-faktor Suatu Jabatan, antara lain Kemampuan karyawan, Effort (fisik maupun Mental), Tanggung Jawab pekerjaan dan Kondisi Pekerjaan, Selanjutnya menjumlahkan  Hasil Penilaian  yang bernilai poin pada setiap Faktor sebelumnya,  sehingga memperoleh Jumlah Total Point akhir, Semakin Tinggi Jumlah Poin yang diperoleh, maka semakin Tinggi Juga Nilai Jabatannya.
  • Perbandingan faktor

Pelajari Lebih Lanjut:

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang Analisis Jawaban, Outsourcing , dan Analisis Jawaban, dapat dilihat melalui link berikut:

yomemimo.com/tugas/22577010

yomemimo.com/tugas/3546961

yomemimo.com/tugas/51174327

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh resitaana95 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 15 Aug 22