3 Evaluasi Jabatan adalah proses formal yang dengan proses tersebut

Berikut ini adalah pertanyaan dari gatotdewanda pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

3 Evaluasi Jabatan adalah proses formal yang dengan proses tersebut nilai reltif dari berbagai macamJabatan ditentukan untuk tujuan pengupahan. Program evaluasi Jabatan konvensional merupakan
kombinasi dari empat metode dasar, yaitu ranking Jabatan, klasifikasi Jabatan, poin, dan perbandingan
factor. Jelaskan masing-masing metode tersebut!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Metode dasar dalam program evaluasi jabatan antara lain :

  1. Ranking jabatan merupakan metode yang mengategorikan pekerjaan berdasarkan dengan total point yang disesuaikan dengan jenis pekerjaan tersebut. Dalam metode ranking menggunakan pendekatan berdasarkan analitis dengan melihat hubungan komponen atau juga faktor pekerjaan.
  2. Klasifikasi jabatan merupakan Metode dengan cara membagi jenis pekerjaan menjadi beberapa kategori yang disesuaikan dengan kesamaan yang dimiliki pada kualitas serta nilai pekerjaan tersebut.
  3. Poin merupakan metode dengan melihat hasil kerja atau poin yang sudah dikumpulkan selama bekerja.
  4. Perbandingan factor adalah metode dengan menggabungkan dari beberapa jenis metode job grading sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan serta keadaan perusahaan tersebut.

Pembahasan:

Dalam operasional perusahaan, diperlukan adanya sebuah teknik dalam menentukan perbedaan antara jabatan dan juga tingkat pembayarannya. Teknik tersebut biasanya disebut dengan job grading atau job evaluation. Atau juga istilah lain contohnya job level atau job classification juga biasa dipakai.

Job grading biasanya digunakan sebagai salah satu referensi dalam menentukan keputusan, senioritas serta ekspektasi pada bidang yang sudah spesifik.

Pelajari lebih lanjut

Tujuan evaluasi jabatan

yomemimo.com/tugas/22350205

#BelajarBersamaBrainly#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh resitaana95 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 15 Aug 22