Pada materi inisiasi kedua ini, saya akan menyajikan tugas yang

Berikut ini adalah pertanyaan dari lirmukannuzal pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Pada materi inisiasi kedua ini, saya akan menyajikan tugas yang harus Anda kerjakan. Kerjakan dengan teliti dan buatlah jawaban pada halaman tugas dan kemudian kirimkan secepatnya ya…… !Setiap orang yang menggunakan media massa dipengaruhi oleh berbagai motif. Menurut Lasswell dalam Littlejohn, ada beberapa dorongan seseorang menggunakan media massa. Jelaskan keempat dorongan tersebut?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Menurut Lasswell dalam Littlejohn, ada beberapa dorongan seseorang menggunakan media massa. Keempat dorongan tersebut adalah :

  1. Pengawas Lingkungan, Artinya Untuk mendukung kelangsungan hidup masyarakat, pemanfaatan media massa dalam kehidupan sehari-hari juga penting. Pelestarian lingkungan yang disosialisasikan oleh media massa melalui slogan-slogan dan iklan layanan masyarakat berpengaruh positif terhadap tingginya kesadaran  masyarakat.
  2. Korelasi antar bagian-bagian dalam masyarakat dalam memberikan reaksi terhadap lingkungan, Artinya Dalam perannya sebagai pengawas lingkungan, media massa sangat membutuhkan peran positif dalam masyarakat. Kami membutuhkan kegiatan yang akan menjadi wadah bagi warga. Kegiatan pemuda perlu bekerjasama dengan pejabat setempat untuk mendukung berbagai kegiatan.
  3. Transmisi social budaya, Artinya  Berbagai kondisi sosial inilah yang memberi nuansa dan warna dalam hubungan  masyarakat. Terkadang transmisi budaya adalah regenerasi budaya.
  4. Sarana memperoleh hiburan,Artinya Media sebagaisarana hiburan dapat membantu Anda melepaskan diri dari kebosanan, bersantai, menghabiskan waktu, dan menyampaikan emosi. Dalam kegiatan masyarakat yang seringkali menyita waktu, media massa seperti  televisi menjadi senjata ampuh untuk memulihkan diri dari kepenatan.

Pembahasan :

         Media massa merupakan sarana komunikasi untuk menyampaikan pesan sebagai sarana komunikasi untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat luas. Gunakan sarana komunikasi seperti radio, surat kabar, televisi dan film. Media massa adalah sarana atau alat yang digunakan untuk komunikasi massa, fungsi komunikasi banyak dijumpai. Media massa memberi tahu kita tentang perubahan, cara kerjanya, dan hasil apa yang dicapainya.

          Media massa memainkan peran penting di era modern ini.Salah satu peran penting media adalah sebagai penentuidentitas  bangsa. Perkembangan yang terjadi di dunia media massa saat ini, seperti perkembangan teknologi di dunia elektronik, penyebaran internet, dan penggunaan telepon genggam, secara tidak langsung telah mempermudah proses globalisasi dalam dunia jurnalistik. Anda dapat dengan mudah masuk ke Indonesia dari luar dengan menggunakan internet dan handphone yang juga memiliki fungsi internet.

Pelajari lebih lanjut :

Pelajari lebih lanjut tentang perbedaan karakteristik media massa dan media sosial :  yomemimo.com/tugas/8338992

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh arinichoir dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 21 Aug 22