3. Asta Brata merupakan wejangan yang diberikan Rama kepada Wibisana

Berikut ini adalah pertanyaan dari gesobana109 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

3. Asta Brata merupakan wejangan yang diberikan Rama kepada Wibisana tentang bagaimana caranya agar menjadi raja yang baik. Anda diminta untuk: a. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Asta Brata! b. Sebutkan dan jelaskan sifat-sifat yang terkandung dalam Asta Brata

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

a. astha brata adalah wahyu raden aruna dari makutha rama yang berisi ajaran hastha brata yaitu wahyu kepemimpinan yang mengambil contoh sifat 8 dewa dan sifat 8 unsur alam.

b. pertama, sifat matahari. makna seorang pemimpin bersifat seperti matahari adalah agar setiap pemimpin harus mampu memberi motivasi, spirit, daya hidup, dan memberi kekuatan kepada seluruh anak buah yang dipimpinnya.

kedua, sifat bulan. bila diamati bulan itu bentuknya bulat indah dan menarik hati sapa saja yang melihat. seorang pemimpin harus memiliki sifat bulan maksudnya, agar setiap pemimpin harus dapat menyenangkan, menarik hati dan memberi terang dalam kegelapan kepada semua anak buah yang dipimpinnya.

ketiga, sifat bintang. bintang mempunyai bentuk yang sangat eksotis dan menjadi hiasan langit di waktu malam serta  dapat menjadi petunjuk arah (kompas) bagi mereka yang kehilangan arah. jadi, seorang pemimpin harus dapat berfungsi seperti bintang, maksudnya bahwa seorang pemimpin  dapat memberi petunjuk, memberi arahan, dan bimbingan agar anak buahnya  mampu menyelesaikan  tugasnya dengan baik.

keempat, sifat angin. seperti diketahui angin mempunyai sifat dapat mengisi setiap ruangan yang kosong walaupun di ruangan yang kecil sekalipun. seorang pemimpin harus dapat berfungsi seperti angin, maksudnya agar setiap pemimpin  dapat bertindak dengan cermat dan teliti serta tidak segan-segan terjun langsung ke masyarakat agar mengetahui kondisi yang sebenarnya.

kelima, sifat api. bila diamati api sifatnya dapat membakar apa saja yang bersentuhan dengannya dan tegas. Jadi seorang pemimpin harus mampu bertindak seperti api artinya harus tegas dan adil tanpa pandang bulu. di samping tegas seorang pemimipin harus mempunyai prinsip yang konsisten serta dapat menahan emosi atau mengendalikan diri.

keenam, sifat mendung. mendung mempunyai sifat menakutkan (berwibawa) tetapi setelah berubah menjadi air  dalam hal ini hujan dapat menyegarkan semua makhluk hidup. untuk itu pemimpin harus dapat bersifat seperti mendung yaitu harus  dapat menjaga kewibawaan dengan berbuat jujur, terbuka dan semua  yang menjadi programnya dapat bermanfaat  bagi anak buah dan sesama.

ketujuh, sifat samudra. bentangan samudra luas dapat menampung apa saja yang akan masuk ke dalamnya. jadi seorang pemimpin harus berfungsi seperti samudra yaitu mempunyai pandangan luas, merata, sanggup, mampu menerima berbagai macam persoalan serta tidak boleh pilih kasih dan membenci terhadap golongan apa pun. di samping itu seorang pemimpin harus berbesar jiwa yaitu mau memaafkan kesalahan orang lain.

kedelapan, sifat bumi. bumi mempunyai sifat teguh atau  sentosa dan apa yang ditanam di bumi akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat  untuk kehidupan. kiranya seorang pemimpin harus dapat bersifat seperti bumi yaitu berteguh hati dan selalu mampu memberi anugrah terhadap siapa saja yang berjasa terhadap nusa dan bangsa.

Penjelasan:

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh emmadapoeriboe024 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 09 Aug 22