Jelaskan pembagian statistic menurut cara pengolahan datanya!​

Berikut ini adalah pertanyaan dari whandamb29 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Jelaskan pembagian statistic menurut cara pengolahan datanya!​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Statistik dalam pengolahan datanya:

1. Statistika Deskriptif

Statistika deskriptif atau statistika deduktif adalah statistika yang berkenaan dengan metode atau cara mendeskripsikan, menggambarkan, menjabarkan, atau menguraikan data sehingga mudah dipahami.

Contoh:

  • Hasil ujian tengah semester program studi pendidikan matematika semester 2A untuk mata kuliah statistika dasar adalah dengan nilai rata-rata 65 dan standar deviasi 15.
  • Sebanyak 50% di antara semua pasien yang menerima suntikan obat tertentu, ternyata kemudian menderita efek samping obat tersebut.

2. Statistika Inferensial

Statistika inferensial atau statistika induktif adalah statistika yang berkenaan dengan cara penarikan kesimpulan berdasarkan data yang diperoleh dari sampel untuk menggambarkan karakteristik atau ciri dari suatu populasi.

Contoh:

  • Akibat penurunan produksi minyak oleh negara-negara penghasil minyak dunia,
  • diramalkan harga minyak akan menjadi dua kali lipat pada tahun yang akan datang.
  • Dengan mengasumsikan bahwa kerusakan tanaman kopi jenis Arabica kurang dari 30% akibat musim dingin yang lalu maka harga kopi jenis tersebut nanti tidak akan lebih dari 50 sen per satu kilogramnya.

Semoga bermanfaat!

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh irzahanafi16 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 08 Jul 22