Pada syariah ada konsep dasar revenue sharing, sebutkan dan berikan

Berikut ini adalah pertanyaan dari Olifoyll pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Pada syariah ada konsep dasar revenue sharing, sebutkan dan berikan penjelasannya​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Revenue sharing merupakan laba berdasarkan total laba operasi sebelum dikurangi biaya operasi atau laba kotor. Bank syariah melakukan perhitungan bagi hasil melalui bagi hasil, yaitu bagi hasil bersih dari transaksi dan investasi. Keuntungan bank dan pelanggan ditetapkan ketika kontrak ditandatangani. Oleh karena itu, jangan bingung dan cek kembali saat transaksi atau transaksi berakhir. Bank syariah memiliki tiga jenis akad atau akad yang memberikan bagi hasil dengan nasabahnya dalam berbisnis.

Penjelasan:

Bank syariah tidak menggunakan sistem bunga dalam bisnis perbankannya. Bunga dianggap bagian dari riba Islam dan haram. Sebaliknya, bank berbasis syariah ini menerapkan sistem atau hubungan bagi hasil  yang  sah berdasarkan Islam. Idealnya, ada dua jenis mekanisme penghitungan bagi hasil berdasarkan ekonomi Islam, yaitu

  1. Profit sharing, yaitu bagi hasil. Biaya operasional mengurangi total pendapatan bisnis dan menghasilkan laba atau laba bersih.
  2. Revenue sharing, atau keuntungan berdasarkan total laba operasi sebelum biaya operasi, juga dikenal sebagai pendapatan total.

Bank syariah melakukan perhitungan bagi hasil melalui bagi hasil, yaitu bagi hasil bersih dari transaksi dan investasi. Keuntungan bank dan pelanggan ditetapkan ketika kontrak ditandatangani. Oleh karena itu, jangan bingung dan cek kembali saat transaksi atau transaksi berakhir. Bank syariah memiliki tiga jenis akad atau akad yang memberikan bagi hasil dengan nasabahnya dalam berbisnis.

Pelajari lebih lanjut:

Pelajari lebih lanjut materi tentang perbankan syariah, pada: yomemimo.com/tugas/5071978

#BelajarBersamaBrainly

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mhamadnoval1 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 20 Jul 22