Perbedaan koperasi dan bank sebagai lembaga keuangan

Berikut ini adalah pertanyaan dari adhiti1560 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Perbedaan koperasi dan bank sebagai lembaga keuangan

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Koperasi dan bank sama-sama merupakan lembaga keuangan, namun terdapat perbedaan diantara keduanya yaitu koperasi bertujuan untuk mendapatkan dana dari anggotanya serta untuk mensejahterakan anggotanya tersebut. Sedangkan bank mempunyai tujuan untuk menghimpun dana, dan menyalurkan dana dari masyarakat itu sendiri.

Pembahasan:

Koperasimerupakan sebuah badan usaha yang mempunyaianggota perseorangan, modal dari koperasi ini didapatkan dari seluruh anggotanya. Sehingga jalannya koperasi harus sesuai dengan pendapatnya serta kebutuhan bersama. Sedangkan bank, yaitu badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan serta menyalurkannya dalam bentuk pinjaman.

Selain perbedaan tujuan koperasi dan bank, ada pula perbedaan dari segi layanan serta pajak bunga. Dari segi layanan, koperasi hanya dilakukan dengan cara meminjamkan dana kepada anggotanya saja, sedangkan dalam layanan bank yaitu memberikan layanan dengan cara menyalurkan dana pada semua orang. Kemudian dari segi pajak bunga, pajak bunga untuk koperasi adalah sebesar 10 persen, sedangkan untuk bank sebesar 20 persen dari jumlah bruto.

Pelajari lebih lanjut:

Pelajari lebih lanjut mengenai materi koperasi dan bank yomemimo.com/tugas/49141617

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh equivocactor dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 15 Aug 22