1 Unit sekolah adalah sebuah organisasi yang memiliki tujuan, anggota,

Berikut ini adalah pertanyaan dari comitele86 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1 Unit sekolah adalah sebuah organisasi yang memiliki tujuan, anggota, hierarki dan pembagian tugas, sertamemiliki masyarakat pendukung (pengguna jasa pendidikan). Sebagai suatu organisasi maka efektivitas
sekolah perlu dilihat dari pendekatan organisasi. Dalam pandangan Robbins (1990), setidak-tidaknya ada
empat pendekatan (kriteria) di dalam menilai efektif-tidaknya suatu organisasi sekolah. Salah satu
pendekatan adalah pendekatan berdasarkan tujuan (goal-attainment approach)
Jelaskan minimal 3 hal yang harus kita perhatikan dengan cermat untuk menilai efektifitas sekolah dengan
pendekatan berdaarkan tujuan.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Dalam organisasi pendekatan yang paling sering digunakan adalah pendekatan pencapaian tujuan, pada pendekatan ini ada beberapa hal yang harus dicermati untuk menilai efektivitas sekolah yaitu dengan menggunakan pendekatan ini organisasi jadi berupaya untuk bisa mencapai tujuan akhir atau apakah tujuan tersebut dapat dicapai atau tidak, dapat dikatakan efektif jika tujuan yang akan atau ingin dicapai dapat diidentifikasi dengan baik, memiliki fokus yang baik karena biasanya tujuan yang ingin dicapai itu sedikit jumlahnya, dan adanya kesepakatan di antara seluruh anggota dalam mencapai sebuah tujuan tersebut.

Pembahasan:

Organisasi adalah suatu wadah atau tempat seseorang dan sekumpulan orang atau kelompok bekerja sama secara sistematis dan terpimpin dengan tujuan tertentu guna memanfaatkan sumber daya yang terdapat di dalamnya. Pada organisasi ada yang namanya pendekatan organisasi, menurut pandangan Robbins (1990) ada 4 macam pendekatan organisasi, yaitu pendekatan pencapaian tujuan, pendekatan sistem, pendekatan konstituensi strategis, dan pendekatan nilai nilai bersaing.

1. Pendekatan Pencapaian Tujuan (Goal-Attainment Approach)

merupakan pendekatan yang mengasumsikan bahwa suatu organisasi diciptakan untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan sebelumnya, sehingga efektivitas sebuah organisasi dinilai pada pencapaian tujuan organisasi tersebut apakah berhasil atau tidak.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang materi pendekatan organisasi pada yomemimo.com/tugas/51157909

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh vaalennnnnn dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 14 Aug 22