2. Jelaskan kelemahan metode tradisionalmenurut Dwight Waldo dalam metodologi perbandingan

Berikut ini adalah pertanyaan dari rivanpratama669 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

2. Jelaskan kelemahan metode tradisionalmenurut Dwight Waldo dalam metodologi perbandingan !

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Berdasarkan soal di atas, kelemahan metode tradisional menurut Dwight Waldo dalam metodologi perbandingan sebagai berikut:

  • Terbatas dalam suatu lingkungan tertentu.
  • Metode tradisional hanya memberikan
  • Metode tradisional hanya memberikan perhatian kepada lembaga politik mengabaikan hubungan lembaga-lembaga tersebut dengan kondisi sosial, ekonomi, politik dan kebudayaan yang dominan.
  • Metode perbandingan tradisional hanya menggambarkan saja, tetapi tidak mengandung usaha pemecahan masalah, juga tidak menganalisis dan tidak menjelaskan, sehingga masalah studi tersebut tidak memberikan penjelasan.
  • Penelitian tradisional belum cukup mendalam, sehingga tidak mampu menemukan equivalence fungsionalnya dalam membandingkan sistem politik yg lama.
  • Cara yang ditempuh yaitu melakukan penelitian sistem demi sistem, maka sebenarnya belum membandingkan karena belum ditemukan konsepsi/teknik yg dapat dipakai dalam usaha membandingkan, guna menemukan dan menempatkan apa yang sama dan tidak sama.

Pembahasan:

  • Dalam studi Perbandingan Administrasi Negara mengandung aspek yang relevan yaitu Administrasi Negara dalam pengertian umumnya yaitu tentang bagaimana lembaga Negara tumbuh dan hidup dalam negara menjalankan fungsinya.
  • Untuk mengembangkan Ilmu Perbandingan Administrasi Negara, studi ini dikembangkan setelah PD II utk developing countries. Negara-negara Eropa dalam PBB meluaskan bantuan teknisnya ke negara berkembang. BantuanbidangAdministrasi Negara dalam bentuk mengadakan latihan yang diselenggarakan PBB/negara maju dengan mengirimkan tenaga ahli ke negara berkembang. Berupa pengalaman praktis di negara mereka masing-masing dari teori Adm yg tumbuh di Eropa.
  • Dalam Perbandingan Administrasi Negara, metodologi merupakan pokok perhatian terkait data yang dikumpulkan. Hasil perbandingan diharapkan dapat ditemukannya perbedaan/persamaan, hal-hal khusus/unik yang dapat dirumuskan dengan proses generalisasi serta universal.
  • Hasil rumusan tersebut untuk kepentingan penyusunan teori dan pemanfaatan dalam praktik, serta untuk kepentingan perkembangan ilmu pengetahuan. Sejak zaman Yunani Kuno, metodologi perbandingan sebenarnya sudah dikenal sebagai metode perbandingan di antara negara kota. Dalam perkembangannya, studi perbandingan sangat dipengaruhi oleh perkembangan Ilmu. Hanya saja pada saat timbulnya kebutuhan akan studi perbandingan dalam Adiministrasi Negara, studi perbandingan dalam ilmu politik telah mencapai tahap terasa adanya kebutuhan untuk menciptakan metode yg baru. Sehingga metode perbandingan yg lama disebut metode tradisional, yg dianggap sudah tidak memadai lagi.

Pelajari lebih lanjut :

Pelajati lebih lanjut tentang Metodologi Perbandingan Administrasi Negara pada yomemimo.com/tugas/15775072?referrer=searchResults  

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh vaalennnnnn dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 14 Aug 22