1. Dalam menghadapi pandemik seperti saat ini dimana ketidakpastian dalam

Berikut ini adalah pertanyaan dari anjelinasunarti63 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1. Dalam menghadapi pandemik seperti saat ini dimana ketidakpastian dalam dunia bisnis dan usaha,manajer atau pimpinan perusahaan perlu mempertimbangkan segala sesuatu sebelum mengambil satu
keputusan yang tepat.
Berikan pendapat Anda mengenai dua tipe pengambilan keputusan yang ada dan berikan contohnya.
2. Pada dasarnya terdapat dua pandangan terhadap desain organisasi, yaitu pandangan klasik dan neo
klasik. Menurut Anda bagaimana sisi positif dan negatif dari kedua pandangan tersebut dan berikan
contohnya.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

1. Dua tipe pengambilan keputusan yaitu ada pendekatan 1 dengan cara pengambilan keputusan yang cenderung cepat, otomatis, minim usaha, berbasis pada intuisi, dan seringkali bersifat emosional. Yang kedua ada pendekatan 2 biasa disebut sebagai rational decision making.

2. Pandangan Klasik:

Sisi Positif:

  • Dapat mendorong efesiensi dan mendorong studi organisasi lebih lanjut.

Sisi Negatif:

  • Tidak memperhatikan sisi manusiawi, keyakinan pada universalitas model mereka yang kadang tidak berhasil pada lingkunga tertentu dan kata birokrasi sering diasosiasikan dengan perngertian sebagai organisasi yang terlalu besar, terpengaruh banyak kepentingan politik, lambah dan tidak responsif terhadap lingkungan.

Pandangan Neo-Klasik

  • Sisi Positif:

Memuncukan sisi manusiawi organisasi, mengedepankan kesejahteraan anggota.

  • Sisi Negatif:

Organisasi menjadi tidak terlalu formal, adanya keseenakan anggota terhadap aturan yang ada.

Pembahasan:

1. Stanovich dan West (2000) menjelaskan bahwa orang yang mayoritas 'salah' dalam mengambil keputusan ini menggunakan pendekatan 1. Pendekatan 1 adalah pengambilan keputusan yang cenderung cepat, otomatis, minim usaha, berbasis pada intuisi, dan seringkali bersifat emosional. Contoh dalam pendekatan ini ialah seperti pengambilan keputusan yang mendadak dibutuhkan dalam waktu singkat.  Misalnya dalam Quiz singkat seorang mahasiswa harus dipaksa berpikir cepat dalam waktu yang singkat. Hal ini akan mempengaruhi pengambilan keputusan di akhir nantinya. keputusan tanpa pertimbangan yang matang akan mempengaruhi hasilnya.

Sedangkan pendekatan 2 oleh Kahneman (2003) disebut sebagai rational decision making. Pendekatan 2 ini memang sedikit lebih lambat, butuh usaha lebih, memerlukan kesadaran untuk membangun argumentasi, dan berbasis pada logika/fakta/data. Namun, hasil keputusannya jauh lebih baik dalam menyelesaikan masalah yang kompleks.

Dalam hal ini pendekatan 1 dan pendekatan 2 memiliki point plus dan minusnya masing-masing. Pendekatan 1 bisa sangat efektif dan efisien pada suatu keputusan yang sudah bersifat sebagai habit atau Anda sudah biasa melakukannya berulang - ulang (misalnya menentukan kapan waktu Anda harus belajar, memilih rute ketika menyetir, berkomunikasi dan sosialisasi, membersihkan rumah, dst). Pendekatan 1 ini juga penting dilatih jika Anda harus mengambil keputusan secara cepat dan tidak memiliki waktu berpikir panjang. Sementara pendekatan 2 lebih cocok digunakan untuk pengambilan keputusan dari masalah yang kompleks, penting, dan dampak dari keputusan yang diambil bisa jadi amat sangat besar. Sehingga pendekatan ini memang tergantung dari jenis masalahnya. Kekacauan sering terjadi saat kita 'menggampangkan masalah komples' dan merasa bahwa pendekatan 1 cukup menyelesaikannya, sehingga yang ada malah kita punya masalah - masalah baru.

2. Desain Organisasi adalah proses memilih struktur organisasi yang sesuai dengan strategi dan lingkungan tertentu. Desain organisasi merupakan pola menyeluruh bagaimana suatu organisasi distruktur. Desain organisasi menurut pandangan Klasik desian organisasi harusnya berusaha mencari cara terbaik untuk desain organisasi percaya pada organisasi dengan struktur hirarkis dan wewenang formal yang resmi. sedangkan menurut pandangan neo klasik desain organisasi haruslah menonjolkan sisi manusiawi organisasi.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang tipe pengambilan keputusan dan desain organisasi pada tautan berikut:

yomemimo.com/tugas/51152558?source=quick-results&auto-scroll=true&q=tipe%20pengambilan%20keputusan

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh vaalennnnnn dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 14 Aug 22