1. Penempatan pegawai dan peralatan kantor menurut rangkaian yang sejalan

Berikut ini adalah pertanyaan dari aulianerisha pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1. Penempatan pegawai dan peralatan kantor menurut rangkaian yang sejalan dengan urutan penyelesaian pekerjaan yang bersangkutan merupakan pengertian dari asasA. Jarak terpendek
B rangkaian kerja
C penggunaan segenap ruang
D efektivitas
E perubahan susunan tempat kerja

2. Tata ruang yang baik adalah menggunakan sepenuhnya semua yang ada ada baik yang berupa luas lantai (ruang datar). Maupun ruang vertikal pada prinsipnya dalam asas ini menghendaki tidak adanya ruang yang kosong tidak terpakai pengertian di atas merupakan asas..
A. Jarak terpendek
B rangkaian kerja
C penggunaan segenap ruang
D efektivitas
E perubahan susunan tempat kerja

3. penerangan kantor yang optimal dapat memberikan keuntungan,salah satunya adalah
A. Tingkat produktivitas kerja menjadi rendah
B semangat kerja menurun karena silau
C pekerja mudah lelah karena suasana kantor yang ramai
D memberikan Citra yang baik bagi perusahaan
E semangat kerja meningkat

4. Ruang kantor yang digunakan sebagai pusat komunikasi terutama jika perusahaan masih menggunakan dokumen dalam bentuk kertas yaitu ruang
A persuratan
B konferensi
C komputer
D penggandaan
E area pusat penyimpanan

5. Harmonis komat tenang dan lapang merupakan sifat dari warna..dalam penataan warna ruangan kantor
A merah
B kuning
C hijau
D biru
E orange

6. Menyeimbangkan emosi, ruangan terasa segar sejuk dan tenang merupakan efek psikologis yang menguntungkan dari warna
A merah
B kuning
C hijau
D biru
E orange

7. Tata ruang kantor terbuka adalah ruangan besar untuk ditempati oleh beberapa pegawai yang bekerja bersama-sama di ruangan tersebut tanpa dipisahkan oleh penyekat. Keuntungan menggunakan tata ruang kantor terbuka adalah
A menambah kewibawaan atau status jabatan
B. Fleksibel apabila diperlukan perubahan ruangan dan tidak memerlukan biaya tinggi
C menjamin keberhasilan kerja
D pekerjaan yang bersifat rahasia dapat lebih terjamin
E konsentrasi kerja lebih terjamin

8. Tata ruang kantor adalah pengaturan dan penyusunan seluruh mesin kantor, alat kantor beserta perabot kantor agar para pegawai dapat bekerja dengan baik, nyaman, leluasa agar tercapai efisiensi kerja. Tujuan diadakannya tata ruang kantor adalah
A agar para pegawai merasa bebas melakukan kegiatan pribadinya
B untuk menambah kewibawaan atau status pejabat
C agar pekerjaan yang bersifat rahasia dapat terjamin
D agar batas atau kedudukan antara pimpinan dan bawahan tidak nampak jelas
E menjamin kelancaran proses pekerjaan yang bersangkutan

9 tata ruang kantor diartikan sebagai pengaturan dan penyusunan seluruh mesin kantor serta perabot kantor pada tempat yang tepat. Tata ruang kantor memiliki beragam asas penempatan para pegawai dan alat-alat kantor menurut rangkaian yang sejalan dan urutan-urutan penyelesaian pekerjaan adalah.
A.Asas jarak terpendek
B asas rangkaian kerja
C asas perubahan susunan tempat kerja
D asas penggunaan segenap ruang
E asas jarak terpanjang

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

  1. Penempatan pegawai dan peralatan kantor menurut rangkaian yang sejalan dengan urutan penyelesaian pekerjaan yang bersangkutan. Berdasarkan hal tersebut merupakan pengertian dari asas (b) rangkaian kerja.
  2. Tata ruang yang baik adalah menggunakan sepenuhnya semua yang ada ada baik yang berupa luas lantai (ruang datar). Maupun ruang vertikal pada prinsipnya dalam asas ini menghendaki tidak adanya ruang yang kosong tidak terpakai. Berdasarkan pengertian di atas merupakan asas (c) penggunaan segenap ruang.
  3. Penerangan kantor yang optimal dapat memberikan keuntungan, salah satunya adalah (e) semngat kerja meningkat, dalam hal ini tingkat produktivitas kerja semakin meningkat.
  4. Ruang kantor yang digunakan sebagai pusat komunikasi terutama jika perusahaan masih menggunakan dokumen dalam bentuk kertas yaitu ruang (e) area pusat penyimpanan.
  5. Harmonis komat tenang dan lapang merupakan sifat dari warna (d) biru dalam penataan warna ruangan kantor.
  6. Menyeimbangkan emosi, ruangan terasa segar sejuk dan tenang merupakan efek psikologis yang menguntungkan dari warna (c) hijau.
  7. Tata ruang kantor terbuka adalah ruangan besar untuk ditempati oleh beberapa pegawai yang bekerja bersama-sama di ruangan tersebut tanpa dipisahkan oleh penyekat. Keuntungan menggunakan tata ruang kantor terbuka adalah (b) fleksibel apabila diperlukan perubahan ruangan dan tidak memerlukan biaya tinggi.
  8. Tata ruang kantor adalah pengaturan dan penyusunan seluruh mesin kantor, alat kantor beserta perabot kantor agar para pegawai dapat bekerja dengan baik, nyaman, leluasa agar tercapai efisiensi kerja. Tujuan diadakannya tata ruang kantor adalah (e) menjamin kelancaran proses pekerjaan yang bersangkutan.
  9. Tata ruang kantor diartikan sebagai pengaturan dan penyusunan seluruh mesin kantor serta perabot kantor pada tempat yang tepat. Tata ruang kantor memiliki beragam asas penempatan para pegawai dan alat-alat kantor menurut rangkaian yang sejalan dan urutan-urutan penyelesaian pekerjaan adalah (b) asas rangkaian kerja.

Pembahasan

Menurut Drs.The Liang Gie mengatakan  bahwa tata ruang adalah penyusunan alat-alat pada letak yang tepat serta pengaturan kerja yang memberikan kepuasan bekerja bagi para karyawannya. Maka dapat disimpulkan tata ruang kantor merupakan suatu metode untuk mengatur suatu ruang kerja yang mana didalamnya berisi tentang peralatan kerja karyawan dan perlengkapan kantor agar mampu ditempatkan dengan tepat, hal ini bertujuan untuk menciptakan kegiatan kerja di kantor secara efektif dan efisien. Tujuan dari tata ruang kantor, di antaranya sebagai berikut:

  • Mengoptimalkan ketersediaan ruangan.
  • Persyaratan perundang-undangan bisa terpenuhi.
  • tersedianya kebutuhan akan pelayanan..
  • Mempermudah pengawasan kinerja dari karyawan.
  • Integritas antar pekerja bisa tercapai.
  • Memperlancar komunikasi antar pegawai.
  • Mempermudah mobilitas.
  • Untuk memberikan keamanan dan kebebasan.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut materi tentang tata ruang kantor pada yomemimo.com/tugas/16085085

#BelajarBersamaBrainly

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh maulanaasyari dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 13 Jun 22